Berita Tabalong

Petani Jaro Wakili Kalsel ke Tingkat Nasional, Kuliahkan Anak dari Hasil Bercocok Tanam

BERASAL dari desa di daerah paling utara Kalsel, Murtaji, kini menjadi duta banua untuk bersaing sebagai petani teladan di tingkat nasional.

Petani Jaro Wakili Kalsel ke Tingkat Nasional, Kuliahkan Anak dari Hasil Bercocok Tanam
istimewa
Murtaji dilahan sawah miliknya di Desa Jaro Kecamatan Jaro 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - BERASAL dari desa di daerah paling utara Kalsel, Murtaji, kini menjadi duta banua untuk bersaing sebagai petani teladan di tingkat nasional.

Petani asal Desa Jaro, Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong ini, menjadi wakil banua setelah terpilih menjadi petani teladan tingkat Provinsi Kalsel.

Dirinya akan bersaing di ajang Petani Teladan tingkat nasional melaluo Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian.

Pria kelahiran tahun 1969 memang dikenal sebagai petani yang cukup rajin, kreatif, dan tak mudah menyerah dalan mejalankan usahanya.

Baca: Semua Tahu Anang & Ashanty Punya Rumah Mewah dan Megah, Tapi Lihat Musalanya

Terbukti dengan lahan sawah seluas 1 hektare yang dimilikinya, Murtaji dengan menerapkan pola dua kali tanam bisa meghasilman gabah kering sampai 14 ton setahun.

Selain itu Murtaji juga telah mengembangkan tanaman cabe dan bawang merah di lahan seluas 0,5 hektare.

Bukan hanya itu, dirinya juga melakukan usaha lain dengan komoditi, ternak sapi, ternak ayam, itik, ikan serta juga memiliki pengembangan usaha pertanian melalui industri pembuatan tahu dan tempe.

Di samping itu, urusan pendidikan anak juga tak dilupakan, dengan hasil usaha yang ada, putri pertamanya telah kuliah di Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Malang, jurusan Agribisnis Pertanian.

Baca: Ternyata Kekecewaan Ini yang Memicu Dosen S2 Ini Sebarkan Hoax Terkait Bom Surabaya

"Syukur Alhamdullilah atas kepercayaan ini mudah-mudahan bisa bermanfaat khusus untuk diri pribadi, umumnya untuk kemajuan pertanian kedepan," kata Murtaji saat ditanya bagaimana perasaannya terpilih mewakili Kalsel ke tingkat nasional.

Bagi Murtaji selain bisa meraih prestasi, dengan menekuni pertanian, dirinya tidak kesulitan lagi untuk kebutuhan bahan pokok terutama beras.

Halaman
123
Penulis: Dony Usman
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help