Lapor Mang

Pak Bupati Banjar, Benarkan Anak yang Kurang 6 Tahun Tak Bisa Masuk SD?

Sebab, ada SDN di kelurahan Gambut, anak-anak yang umurnya pada bulan Juli 2018 kurang dari 6 tahun tidak diterima

Pak Bupati Banjar, Benarkan Anak yang Kurang 6 Tahun Tak Bisa Masuk SD?
banjarmasinpost.co.id/dony Usman
Ilustrasi Murid SDN Kapar Hulu membawa wadah plastik untuk tempat jajajanan sehingga tak ada lagi sampah plastik. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJAR - Yth Bapak Bupati Banjar dan dinas terkait. Benarkah anak-anak yang di bawah umur atau di bawah 6 tahun tidak bisa masuk sekolah dasar negeri.

Sebab, ada SDN di kelurahan Gambut, anak-anak yang umurnya pada bulan Juli 2018 kurang dari 6 tahun tidak diterima, sedangkan rumahnya di lingkungan SDN tersebut.

Menunggu tahun 2019 hanyar kawa sekolah, jadi pengangguran kekanakan, apa kata dunia. Mohon penjelasanny. Terima kasih. 082156204311

Baca: Makin Panas, Ayu Ting Ting dan Nagita Slavina Saling Sindir? Ayu Klaim Nomor Dua Tapi Juara

TANGGAPAN:
BERKENAAN masalah Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Dasar (SD), perlu kami sampaikan bahwa usia masuk SD yang Wajib diterima adalah yang berusia sudah 7 tahun, sementara jika masih tersedia formasi di SD tersebut, maka usia 6 tahun dapat/harus diterima.

Siswa baru yang tergolong harus diterima per 1 Juli tahun berjalan harus tepat berusia 6 tahun. Jika usianya kurang dari 6 tahun, maka akan ditolak oleh Sistem, dalam hal ini Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) dan tidak dapat diajukan memperoleh Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) sebagai pengakuan formal terhadap peserta didik.

Selain itu, tidak dapat diperhitungkan untuk memperoleh dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Dengan demikian siswa tersebut secara formal tidak diakui.

Siswa yang tidak memperoleh NISN, maka siswa tersebut tidak dapat mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sebagai salah satu persyaratan Kelulusan di Satuan Pendidikan SD.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga maklum dan terima kasih.

H GUSTI RUSPAN NOOR SEMM
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help