Public Services

Bisakah Perpanjangan SIM di Luar Daerah

TERIMA kasih atas pertanyaan yang saudara berikan, Sebelumnya kami sampaikan dasar hukum Penerbitan SIM yaitu; Pertama, UU RI Nomor 2

Bisakah Perpanjangan SIM di Luar Daerah
banjarmasinpost.co.id/hari widodo
Warga Pengaron antre membuat SIM di mobil keliling yang disediakan Polres Banjar. 

BANJARMASIN - Kepada Yth. Komandan Polantas. Mohon izin, hanya mau nanya saja, apa bisa untuk perpanjangan SIM A dan SIM C yang asal SIM dari daerah luar Kalsel dan kalau boleh apa saja persyaratannya? Mohon penjelasannya, terima kasih. 081345451328

TANGGAPAN:
TERIMA kasih atas pertanyaan yang saudara berikan, Sebelumnya kami sampaikan dasar hukum Penerbitan SIM yaitu; Pertama, UU RI Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia Pasal 14 ayat (1) Huruf b dan pasal 15 ayat (2) huruf C; Kedua, UU RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan; Ketiga, peraturan Kapolri Nomor 09 Tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi.

Dengan adanya fasilitas SIM online yang mulai dinikmati sejak Oktober 2015, berarti pemilik SIM yang tinggal di luar daerah asalnya atau kebetulan sedang berada di luar kota saat SIM-nya habis masa berlakunya, sekarang sudah tidak perlu lagi mengurus perpanjangan SIM di daerah asal, sesuai dengan e-KTP yang bersangkutan.

Tapi bisa mengurusnya di mana pun dan layanan perpanjangan SIM juga sudah terintegrasi dengan KTP Elektronik, sehingga data pemohon dapat dikroscek melalui komputer yang sudah online dengan database KTP El Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Polres penerbit SIM, sehingga tidak akan ada data SIM ganda.
Perpanjangan SIM dapat Anda lakukan mulai dari 14 (empat belas) hari kerja atau 2 (dua) minggu sebelum masa berlaku SIM habis. Sementara batas akhir perpanjangan SIM sesuai Peraturan Kapolri nomor 9 tahun 2012 pasal 28 ayat 2 adalah perpanjangan SIM dilakukan sebelum masa berlakunya berakhir.

Pasal 28 ayat 3, perpanjangan yang dilakukan setelah lewat waktu sebagaimana dimaksud pada ayat 2 harus diajukan SIM baru sesuai dengan yang dimiliki dengan memenuhi persyaratan sesuai dengan pasal 27. Terima kasih.

KOMPOL WIBOWO SIK
Kasatlantas Polresta Banjarmasin

Apakah Mungkin Honorer Jadi PNS
HULU SUNGAI SELATAN - Kami pegawai honorer Kab. HSS dijanjikan akan diangkat jadi PNS oleh rekomendasi dari Ketua PGRI. Apa mungkin masih ada pengangkatan PNS dari pusat, padahal pemerintah sudah menutup lowongan CPNS jalur honorer? Mohon penjelasan pihak terkait, terima kasih. 081253360180

TANGGAPAN:
TERIMA kasih atas pertanyaan yang disampaikan. Bahwa kewenangan memberikan keputusan untuk adanya penerimaan menjadi CPNS adalah dari Pemerintah Pusat, baik yang berasal dari umum, khusus, honorer atau yang lainnya.

ZULKIPLI SSOS MAP
Kepala BKD Diklat Kab. HSS

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help