Berita Hulu Sungai Selatan

Dandim Kandangan Motivasi Gapoktan Bikin Pestisida Nabati

Kelompok Tani Padang Basar Desa Taniran Selatan Kecamatan Angkinang Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) terus berupaya meningkatkan inovasi

Dandim Kandangan Motivasi Gapoktan Bikin Pestisida Nabati
istimewa
pelatihan pembuatan Pestisida nabati diikuti 55 warga yang tergabung dalam kelompok tani dan para Babinsa Ramil 1003/Kandangan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Kelompok Tani Padang Basar Desa Taniran Selatan Kecamatan Angkinang Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) terus berupaya meningkatkan inovasi di bidang pertanian.

Untuk mendukung itu, Kodim 1003/Kandangan ikut mensupport para petani yang tergabung di Kelompok Tani Padang Basar Desa Taniran.

Dandim 1003/Kandangan Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto mengatakan perlu inovasi untuk mendukung program pemerintah dalam swasembada pangan.

Baca: Hasil Uber Cup 2018 Indonesia vs China : Gregoria Mariska Menang! Skor 1-2

"Inovasi di bidang pertanian juga harus dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga bisa meringankan biaya produksi pertanian. Satu di antaranya yakni dengan pembuatan pestisida nabati," katanya, Rabu, (23/5).

Selain membuat pestisida nabati, inovasi pembuatan pupuk organik juga bisa dilakukan untuk menekan biaya produksi di bidang pertanian.

Baca: Wah, Zaskia Gotik Diterawang Roy Kiyoshi Dekat dengan Pria Beristri? Ini Tanggapan Gotik

Kegiatan pelatihan pembuatan Pestisida nabati itu sendiri diikuti 55 warga yang tergabung dalam kelompok tani dan para Babinsa Ramil 1003/Kandangan.

Pihaknya berharap, usai kegiatan pembuatan pestisida nabati, para petani bisa mengaplikasikan secara mandiri.

Sehingga hasil tanam bisa menghasilkan produk yang ramah lingkungan.

Baca: Enda Ungu Urung Polisikan Warganet Peleceh Anaknya di Media Sosial Karena ini

Para petani juga mendapatkan wawasan sekaligus menambah pengetahuannya terkait dengan membuat produk pertanian secara alami.

Selain itu, para petani juga diharapkan ikut meningkatkan produktivitas pertaniannya melalui percepatan tanam di lahan lahan yg sudah selesai panen.

Serta mengubah pola ketergantungan menjadi kemandirian dengan cara membuatan pestisida nabati dan pupuk organik secara mandiri.

Khusus kepada Babinsa, Dandim Kandangan berharap harus proaktif sebagai dinamisator atau penggerak untuk membantu kesulitan masyarakat dan selalu intensif mendampingi para Gapoktan bila ada kendala di lapangan.

Penulis: Aprianto
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help