Berita Banjarmasin

Dispora Targetkan 100 Wira Usaha Baru di 2018, Pendaftar Diutamakan Memiliki Kemampuan

Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Banjarmasin targetkan 100 orang Wira Usaha Baru (WUB) yang akan mengikuti program itu

Dispora Targetkan 100 Wira Usaha Baru di 2018, Pendaftar Diutamakan Memiliki Kemampuan
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Pelatihan wira usaha baru Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN -  Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Banjarmasin targetkan 100 orang Wira Usaha Baru (WUB)  yang akan mengikuti program itu sebagaimana tahun sebelumnya. Namun secara keseluruhan dalam pelaksananya akan dibagi menjadi dua kali rekruitmen.

Pada 5 Mei 2018 lalu, dikatakan Kapala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kota Banjarmasin, Agus Hakim, Minggu (20/5) lalu, pihaknya sudah menggelar pelatihan.

50 peserta atau calon WUB yang terjaring dalam perekrutan, langsung diikutkan pelatihan selama beberapa hari. Pelatihan yang diselenggarakan adalah managemen kewirausahan.

Pada WUB angkatan pertama di 2018 ini, dikatakan Agus difokuskan pada usaha kuliner. Peserta merupakan warga Banjarmasin yang memenuhi kualifikasi untuk ikut program tersebut. Diutamakan mereka yang telah memiliki kemampuan dasar.

Baca: Presiden Jokowi Umumkan Kenaikan THR bagi PNS, TNI-Polri, & Pensiunan

Baca: Lucinta Luna Terancam Denda Adat 100 Miliar, Buat Warga Papua Meradang Gegara Salah Ucap Manokwari

Sesuai Perwali, diterangkan Agus, ada 10 kelompok WUB dari Dispora Kota Banjarmasin pada angkatan pertama. Mereka dibagi menjadi lima orang.

Ketika dilepas pada Oktober 2018 nanti, Agus mengatakan para WUB akan mendapatkan pencairan dana sebesar Rp 12 Juta rupiah sebagai biaya sewa ruko. Angka itu masih belum dipotong pajak.

Selain bantuan sewa ruko selama satu tahun, Agus, pihaknya juga memberikan sejumlah fasilitas lainnya. Termasuk alat yang dibutuhkan sebagai penunjang usaha WUB.

Baca: Live TVRI! Link Live Streaming Thomas Cup 2018 Indonesia vs Korea Streaming TVRI, Marcus/Kevin Main

"Akan ada biaya perlelompok. Tahun sebelumnya Rp 10 juta dan dipotong pajak sehingga tinggal Rp 8 juta. Sedangkan tahun ini Rp 12 juta dan dipotong pajak untuk sewa tempat usaha kemungkinan Rp 10 juta," terang Agus.

Sebelum bulan Oktober, yakni masa pencairan dana, Agus mengatakan sementara ini mereka masih proses mencari toko. Selain itu melakukan pelatihan-pelatihan sendiri dalam kelompok masing-masing.

(Banjarmasinpost.co.id/ Isti Rohayanti) 

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help