Berita Banjarmasin

Duta Bahasa Sambangi Pesantren Ramadan, Tumbuhkan Budaya Literasi Kalangan Pelajar

Acara ini merupakan rangkaian terakhir dari Literasi Siswa yang diadakan di 2 SD dan 3 SLTP di Banjarbaru pada 7--23 Mei 2018.

Duta Bahasa Sambangi Pesantren Ramadan, Tumbuhkan Budaya Literasi Kalangan Pelajar
istimewa
Duta Bahasa Kalsel melakukan kegiatan menyambangi Pesantren Ramadan SDIT Qardhan Hasana Banjarbaru 

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARMASIN - Menyambut bulan Ramadhan, Balai Bahasa Kalimantan Selatan dan IKA Duta Bahasa Kalsel melakukan kegiatan dengan menyambangi Pesantren Ramadan SDIT Qardhan Hasana Banjarbaru, Rabu (23/5/2018).

Acara ini merupakan rangkaian terakhir dari Literasi Siswa yang diadakan di 2 SD dan 3 SLTP di Banjarbaru pada 7--23 Mei 2018.

Agenda yang berisi penyampaian informasi kebahasaan dan kesastraan serta sosialisasi Gerakan Literasi Nasional ini bertujuan khusus. Menurut Kepala Balai Bahasa Kalimantan Selatan, Imam Budi Utomo, tujuannya adalah menumbuhkan budaya berliterasi di kalangan pelajar.

"Kami berharap kegiatan ini mampu menumbuhkan budaya literasi di kalangan pelajar," ujar Imam, Rabu.

Lebih lanjut dinjelaskannya. pemilihan tanggal ini bertepatan dengan momen Ramadan, sehingga sangat tepat untuk mengimbau generasi muda untuk berliterasi. Alasannya, ayat Alquran yang pertama diturunkan adalah Iqra berarti bacalah atau bermakna perintah agar manusia berliterasi.

Baca: Hasil Piala Thomas 2018 - Firman Pahlawan di Partai Pamungkas, Indonesia vs Korea Selatan 3-2

Berbeda dengan buku cerita yang dibacakan di sekolah lain, pada kesempatan ini, para Duta Bahasa Kalsel membacakan khusus cerita nabi dan para sahabat.

Sementara itu para siswa merasa sangat senang dengan kehadiran para Duta Bahasa Kalsel ini ke program Pesantren Ramadan sekolah meraka, terlebih ada 4 cerita Islami yang dibacakan.
Aurel salah seorang siswa menyatakan sangat senang dengan acara ini.

"Saya senang sekali karena tadi kakak-kakak Duta Bahasa membacakan cerita nabi dan para sahabat, semoga sering ke sini," kata Aurel.

Baca: 3 Link Live Streaming Indosiar Persib vs PSM di Liga 1 2018 Malam Ini Pukul 20.30 WIB

Kiky, siswa yang lain juga merasa Pesantren Ramadan kali ini sangat berbeda karena banyak mendengar cerita Islami yang menarik.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDIT Qardhan Hasana, Nurhidayah, menyambut baik agenda ini.

"Kami berterima kasih sebab sekolah ini dijadikan lokasi kegiatan ini, semoga dapat berkelanjutan," sambut Dayah. (banjarmasinpost.co.id/syaiful anwar)

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help