Bumi Antaluddin

Hulu Sungai Selatan Optimistis Bisa Kembali Raih Predikat Kabupaten Layak Anak

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) optimis kembali bisa meraih predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) 2018.

Hulu Sungai Selatan Optimistis Bisa Kembali Raih Predikat Kabupaten Layak Anak
(Foto: Protokol dan Kehumasan Pemkab HSS) Plt Bupati HSS, H Ardiansyah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) optimis kembali bisa meraih predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) 2018. Pada 2017, HSS sudah meraih KLA kategori Pratama.

Verifikasi lapangan dalam rangka evaluasi Kabupaten Layak Anak (KLA) 2018 sudah dilakukan di Kabupaten HSS oleh tim verifikasi lapangan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Republik Indonesia sejak Selasa, 22 Mei hingga Kamis, (24/5).

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBPPPA) HSS Ia Susilastuti mengatakan tahapan evaluasi KLA 2018 sudah dilakukan secara bertahap.

"Tahapan penilaian mandiri (PM) oleh Kabupaten HSS, verifikasi administrasi (VA) oleh tim verifikasi administrasi dan verifikasi lapangan (VL) oleh tim verifikasi lapangan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Republik Indonesia sudah kita lalui," katanya, Kamis, (24/5).

Baca: 3 Link Live Streaming Perempatfinal Piala Uber 2018 Indonesia vs Thailand, Jadwal dan Susunan Pemain

Baca: Live Streaming TVRI Uber Cup 2018 Perempatfinal Indonesia vs Thailand Jam 14.00, Ini Keyakinan Susi

Baca: Jadwal Buka Puasa Hari Ini, Kamis 24 Mei 2018 di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Kota Besar Lainnya

Baca: Lucinta Luna Kena Batunya, Warga Manokwari Tolak Maafnya, Ucap Kata yang Artinya Kelamin Pria

Pihaknya optimis bahwa Kabupaten HSS akan kembali meraih KLA pada 2018. Mengingat sudah banyak peningkatan dan kemajuan yang ada di HSS.

Seperti sekolah ramah anak yang awalnya hanya tujuh sekolah pada 2015 sudah menjadi 44 sekolah sejak 2017 lalu.

(Foto: Protokol dan Kehumasan Pemkab HSS) Suasana pertemuan dengan tim verifikasi lapangan.
(Foto: Protokol dan Kehumasan Pemkab HSS) Suasana pertemuan dengan tim verifikasi lapangan. (via BANJARMASINPOST.co.id/aprianto)

Demikian juga untuk Puskesmas ramah anak yang dulunya dua puskesmas pada 2015 sudah menjadi 21 puskesmas pada 2017.

Taman bermain untuk anak-anak juga terus meningkatkan di HSS. Sampai sekarang sudah ada enam taman bermain yang tersebar di Kabupaten HSS.

"Kita optimis bisa kembali meraih KLA pada 2018. Mengingat semua pihak terkait baik itu SKPD, instansi vertikal, BUMD dan BUMN saling mensuport," katanya.

Sementara itu, Kamis, (24/5) bertempat di Aula Mandapai Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten HSS sudah digelar pertemuan dengan Tim Verifikasi Lapangan Kabupaten Layak Anak (KLA) Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (PPPA RI).

Tim verifikasi lapangan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Republik Indonesia yang datang ke HSS meliputi Mohamad Udin, Maria Ulfah Anshori dan Taufik Uwaidah.

Pada kegiatan ini dihadiri langsung Plt Bupati HSS H Ardiansyah SHut, pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten HSS, perwakilan dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan sejumlah pihak terkait.

Plt Bupati HSS H Ardiansyah mengatakan penetapan KLA merupakan salah satu bentuk penerapan dari Peraturan Menteri Negara PPPA RI, Nomor 13 Tahun 2010.

(Foto: Protokol dan Kehumasan Pemkab HSS) Tim verifikasi lapangan KLA HSS 2018.
(Foto: Protokol dan Kehumasan Pemkab HSS) Tim verifikasi lapangan KLA HSS 2018. (via BANJARMASINPOST.co.id/aprianto)

Dalam menyiapkan Kabupaten HSS menjadi KLA, jajaran Pemerintah Kabupaten HSS tidak hanya bekerja saat ada tim verifikasi, melainkan benar-benar menyiapkan Kabupaten HSS menjadi kabupaten yang layak untuk ditinggali dan ramah anak.

"Kita semua tentunya punya anak, yang diharapkan ke depan jadi generasi penerus yang harus disiapkan sejak awal," ujarnya.

Menurutnya, sangat penting untuk menindaklanjuti hasil verifikasi dari Kementerian PPPA RI.

"Diperlukan saling pengertian, kerjasama dan sinergisitas dari seluruh pemangku kepentingan di setiap tingkatan untuk mewujudkan Kabupaten HSS menjadi KLA 2018," tambahnya (BANJARMASINPOST.co.id/aol)

Penulis: Aprianto
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved