Berita Banjarmasin

Lagi, Bayi Kembar Siam Hana Satu dan Dua Harus Transfusi Darah di RSUD Ulin, Begini Kondisinya Kini

Ibu Hana Satu dan Hana Dua, Hana Fitria (26), mengungkapkan darah yang dicari pada hari ini khusus untuk peningkatan trombosit.

Lagi, Bayi Kembar Siam Hana Satu dan Dua Harus Transfusi Darah di RSUD Ulin, Begini Kondisinya Kini
banjarmasinpost.co.id/eka pertiwi
Nenek bayi kembar siam Hana Satu dan Hana Dua, Raihanah (45) harus sabar menunggu di ruang tunggu di RSUD Ulin Banjarmasin, Kamis (24/5/2018). 

BANJARMASIN.CO.ID, BANJARMASIN - Sejak lahir pada Sabtu (12/5/2018) hingga Kamis (24/5/2018) bayi kembar siam (Conjoint, Thorax Abdominal) Hana Satu dan Hana Dua sudah enam kali transfusi darah.

Hingga sekarang kondisi Hana Satu dan Hana Dua belum stabil, sehingga perlu penanganan ekstra.

Termasuk peningkatan trombosit melalui transfusi darah.

Ibu Hana Satu dan Hana Dua, Hana Fitria (26), mengungkapkan darah yang dicari pada hari ini khusus untuk peningkatan trombosit.

"Kata yang merawat begitu. Ini sudah tiga kali kami mencari tambahan darah ke PMI Kalimantan Selatan di Jalan S Parman. Sekali mencari harus dua kantung," ujarnya, saat diwawancara wartawan Banjatmasinpost.co.id  di ruang tunggu bayi lantai dua Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin.

Baca: Berlangsung! LIVE STREAMING TVRI Inews TV Perempat Final Thomas Cup 2018 Indonesia vs Malaysia

Dibeberkan Hana, golongan darah Hana Satu dan Hana Dua AB rhesus positif. Beruntung, golongan darah ini tersedia di PMI.

"Kalau urusan darah untungnya golongan darah AB tersedi di PMI. Jadi kami tidak khawatir soal darah," ujarnya. 

Mencari tambahan darah untuk transfus Hana Fitria dibantu oleh ibunya, Raihanah (45). Apalagi, kondisi Hana belum benar-benar pulih. Sebab, Hana Satu dan Hana Dua lahir melalui operasi sesar atau dalam istilah medis seksio sesarea.

"Tadi saya mencari dua kantung lagi. Sebelumnya sudah empat kantung darah.  Trombositnya turun. Ibunya, masih sakit. Tadi baru membersihkan jahitan bekas operasi. Saya gak tega. Jadi saya saja yang mencari ke PMI," ujar nenek bayi kembar siam Hana Satu dan Hana Dua, Raihanah.

Hana Satu dan Hana Dua  lahir dari pasangan Hana Fitria (26) dan suaminya Ilham Noor (30) warga Birayang, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Baca: LIVE STREAMING Barito Putera vs Persela Liga 1 2018 - Link Live Streaming Indosiar Vidio.com

Sebenarnya Hana Satu dan Hana Dua bukan pemberian nama dari orangtuanya. Nama ini diberikan pihak RSUD Ulin Banjarmasin.

Seperti diberitakan sebelumnya, bayi Hana Satu dan Hana Dua, lahir dempet pada tanggal 12 Mei lalu. Hingga saat ini Hana Satu dan Hana Dua masih dalam perawatan intensif tim medis RSUD Ulin Banjarmasin.

Bahkan, RSUD Ulin berencana untuk melakukan bedah pemisahan Hana Satu dan Hana Dua. Namun, pemisahan menunggu kondisi Hana Satu dan Hana Dua stabil. (Banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help