Berita HST

Lelang Jabatan Kepala Dinas 9 Intansi di Pemkab HST Dibuka, Baru Satu Orang Mendaftar

BKD Pengembagan SDM mengumumkan lelang jabatan untuk posisi enam kepala dinas, satu kepala badan, satu kepala satuan dan inspektorat kabupaten.

Lelang Jabatan Kepala Dinas 9 Intansi di Pemkab HST Dibuka, Baru Satu Orang Mendaftar
net
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI- Pemerintah Kabupaten Hulu SungaiTengah melalui Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan SDM, telah mengumumkan lelang jabatan untuk posisi enam kepala dinas, satu kepala badan, satu kepala satuan dan inspektorat kabupaten.

Namun sejak dibuka 21 Mei hingga Kamis (24/5/2018) baru satu orang yang mendaftar.

Kepala Bidang Mutasi, Kedudukan  Hukum dan Pensiun, Taufik Rahman, dikonfirmasi banjarmasinpost.co.id menjelaskan, panitia seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama memberikan  waktu pendaftaran mulai 21 Mei sampai 4 Juni, dengan tahapan penerimaan berkas peserta. “Kami berharap tiap satu dinas/badan nanti lebih dari tiga yang mendaftar. Karena jika hanya tiga, harus diulang lagi,”jelas Taufik.

Mengenai belum antusiasnya para pejabat di HST yang mendaftar, menutur Taufik kemungkinan karena masih melengkapi persyaratan. Adapun persyaratannya, ada 11, yaitu berstatus PNS, pendidikan minimal S1 atau diploma IV, pangkat/gologan paling rendah, Pembina (IV/a), memiliki kompetensi teknis, manajerial, dan sosial cultural.

Baca: Hasil Perempat Final Uber Cup 2018 - Della/Rizki Kalah, Skor Indonesia vs Thailand Jadi 2-2

Syarat berikutnya, memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas terkait jabatan yang diduduki secara kumulatif, minimal lima tahun. Sedang atau pernah menduduki jabatan administrator (eselon III a)  atau jabatan fungsional ahli madya palising singkat dua tahun. Untuk eselon III/b paling singkat lima tahun.

Pelamar juga harus memilki rekam jejak jabatan, intergritas dan moralitas yang baik,usia paling tinggi 56 tahun per 31 Desember 2018, sehat jasmani rohani, tidak pernah menjalani hukuman disiplin dan atau tersangkut kasus pidana.perdata serja menjalani vonis hkuman penjara yang tekah berkekuatan hukum tetap.

 “Khusus pelamar dari luar lingkungan Pemkab HST, agar melampirkan rekomendasi dari pejabat Pembina kepegawaian (gubernur/bupati/walikota) masing-masing.”jelas Taufik didampingi Kepala Sub Bidang Mutasi, Marzuki. Dijelaskan, ada enam dinas yang dijabat Plt, selebihnya satu kepala badan, kepala satuan Pol PP serta inspektorat. Rata-rata jabatan itu kosong satu tahun sampai 1,5 tahun. Kecuali DInas Perhubungan dan Lingkungan Hidup, dan Satpol PP yang kosong selama lima bulan.

Baca: Live Indosiar! LIVE STREAMING Barito Putera vs Persela Liga 1 2018 via Vidio.com Malam Ini

Selanjutnya, ada satu dinas yang hampir satu tahun, atau sekitar sebilan bulan, dijabat pelaksana harian (Plh), karena kepala dinasnya sakit, yaitu DInas Kesehatan sehingga tak masuk dalam jabatan yang dilelang. Dijelaskan, lama jabatan kosong tersebut, terkendala masalah kewenangan, dimana saat ini Bupati HST masih dijabat pelaksana tugas. Sedangkan untuk melakukan mutasi, memerlukan izin Mendagri dan Komisi Aparatur SIpil Negara (ASN).

“Kalau bupati definitif yang melakukan mutasi atau mengisi jabatan kosong, lelang jabatan cukup mendapat izin Komisi ASN,”jelas Taufik. Lelang jabatan sendiri, merupakan amanah UU ASN Nomor 5 tatun 2014 serta PP Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajerial PNS. Jabatan eselon 2 berdasarkan aturan tersebut, wajib dilelang.

Diakui aturan yang mewajibkan proses lelang jabatan tersebut membuat proses pengisian kekosongan jabatan di HST menjadi lebih lama. Selain itu, daerah mengeluarkan dana ratusan juga untuk proses seleksi. Terutama saat dilakukan assessment (uji kompetensi), bisa mencapai Rp 3 juta  per orang. Sedangkan satu jabatan yang dilelang wajib diikuti minimal empat orang, untuk dipilih tiga orang yang selajutnya diajukan ke Plt Bupati, hingga dipilih satu orang.

Baca: Hasil Perempat Final Uber Cup 2018 - Gregoria Mariska Bikin Skor Indonesia vs Thailand 2-1

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help