Bumi Sanggam

Mantap, Bupati Ansharuddin Terima Penghargaan Pencapaian UHC Satu-satunya di Kalsel dari Presiden

Karena per 1 Januari 2018 sudah menerapkan cakupan semesta Universal Health Coverage yaitu dengan mendaftarkan semua

Mantap, Bupati Ansharuddin Terima Penghargaan Pencapaian UHC Satu-satunya di Kalsel dari Presiden
Humas Pemkab Balangan
Bupati Balangan Menerima Penghargaan Pencapaian Universal Health Coverage oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Rabu 23 Mei 2018 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN -Kepala BPJS Kesehatan Cabang Barabai menyampaikan selamat kepada Kabupaten Balangan dan Bupati Balangan yang menerima Penghargaan Presiden RI terhadap pencapaian Universal Health Coverage (UHC) Jaminan Kesehatan Nasional JKN KIS, di Istana Negara, kemarin Rabu (23/5/2018).

Karena per 1 Januari 2018 sudah menerapkan cakupan semesta Universal Health Coverage yaitu dengan mendaftarkan semua warganya sebagai peserta KIS BPJS.

Itu adalah merupakan salah satu wujud dari komitmen Pemerintah Daerah dalam mendukung program strategis nasional.

Baca: Jalan Tanjakan Batupiring Ternyata Masuk Wilayah Gunung Darah Kutukan Raja Dahulu

Seperti diketahui JKN KIS ini termasuk dalam program strategis nasional yang memang harus dilaksanakan dan untuk di Kalimantan Selatan ini, baru Kabupaten Balangan melaksanakannya.

Selain itu juga program JKN KIS merupakan salah satu dari nawacita Presiden Jokowi, dan untuk masyarakat di Balangan saat ini yang sudah memiliki kartu JKN KIS silakan menikmati pelayanan BPJS Kesehatan, tentu dengan melalui prosedur yang sudah ditentukan.

Ketika sakit hendaklah ke Puskesmas lebih dahulu sebelum ke rumah sakit, jadi tidak harus langsung ke rumah sakit, tapi apabila kondisi gawat darurat silakan ke rumah sakit.

Dan bagi masyarakat yang belum memiliki kartu JKN KIS segeralah melaporkan ke BPJS Kesehatan terdekat.

Bupati Balangan H Ansharuddin merasa bersyukur atas penghargaan dari Presiden atas program JKN KIS BPJS ini di mana Kabupaten Balangan satu-satunya untuk sementara di Kalimantan Selatan yang berani untuk memberikan semua jaminan kepada masyarakat.

"Dan ini merupakan kebahagiaan masyarakat di mana bisa merasakan manfaat, utamanya bagi mereka yang ingin berobat atau konsultasi ke Puskesmas, maupun ke rumah sakit," ujarnya.

Kemudian lanjutnya, termasuk juga bagi mereka yang dirujuk ke luar daerah, misalnya ke provinsi atau keluar provinsi termasuk tadi contoh dari Papua yang berobat ke Jakarta itu itu salah satu manfaat dari kartu KIS.

"Ini merupakan suatu kebanggaan bagi kita sebagai orang pemerintah yang telah memberanikan diri untuk menjamin kesehatan kepada masyarakatnya," kata Ansharuddin.

Sebagai mana dimaklumi bahwa Kabupaten Balangan sejak 1 Januari 2018 telah memfasilitasi warganya menjadi peserta KIS BPJS dan sampai bulan April 2018 tercatat 78.729 jiwa sudah memegang Kartu KIS BPJS.

‪Kepala Deputi wilayah Kaltimseltengtara Benyamin Saud juga mengucapkan selamat dan apresiasi yang tinggi kepada Pemkab Balangan yang telah memperhatikan kesehatan warganya melalui KIS BPJS.(*/aol)

Penulis: Elhami
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved