Berita Banjarbaru

PLN Peduli Instalasi Listrik Masjid

Pengurus Masjid Jami Banjarmasin, Radiansyah, menyampaikan rasa terima kasih atas kepedulian PLN yang berkenan

PLN Peduli Instalasi Listrik Masjid
hUMAS pln kALSELTENG
Petugas PLN Area Banjarmasin memeriksa instalasi listrik di Masjid Jami Banjarmasin, Rabu (24/5). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pengurus Masjid Jami Banjarmasin, Radiansyah, menyampaikan rasa terima kasih atas kepedulian PLN yang berkenan memeriksa instalasi dan kesiapan pasokan listrik di masjid.

“Secara umum, pelayanan PLN sudah cukup baik dan sudah jarang terjadi padam listrik. Namun kami harap PLN dapat memberikan informasi atau pengumuman apabila terjadi padam,” harap dia.

Asisten Manajer Jaringan PLN Area Banjarmasin, Sugianto, menyampaikan bahwa kegiatan Peduli Instalasi Listrik Masjid bertujuan agar masjid dapat digunakan dengan aman dan nyaman selama umat muslim melaksanakan ibadah selama Ramadan.

Baca: Sedang Berlangsung! Marcus/Kevin vs Malaysia Perempat Final Thomas Cup 2018 Live iNewsTV dan TVRI

Selain itu, hal ini merupakan bentuk dukungan PLN untuk menjaga keandalan listrik di saat bulan suci Ramadan dan persiapan Hari Raya Idulfitri.

Memasuki Ramadan ini PLN Area Banjarmasin melaksanakan kegiatan Peduli Instalasi Listrik Masjid di beberapa titik masjid di Kota Banjarmasin, Kamis (24/5/2018).

Kegiatan tersebut dilakukan dengan memeriksa instalasi listrik di tiga masjid yaitu Masjid Raya Sabila Muhtadin, Masjid Jami Banjarmasin di Sungai Jingah dan Masjid Hasanuddin Majedi di Kayutangi.

“Pemeriksaan yang dilakukan PLN meliputi pemeriksaan instalasi listrik dan kesiapan genset di beberapa masjid guna menjaga pasokan listrik apabila ada kondisi darurat. Untuk pemeriksaan instalasi listrik, dilakukan pemeriksaan pemindahan suplai listrik dari jaringan PLN ke suplai genset. Ini dilakukan untuk menjaga pasokan listrik apabila terdapat kondisi emergency,” ujar Sugianto.

Baca: Live Indosiar! LIVE STREAMING Barito Putera vs Persela Liga 1 2018 via Vidio.com Malam Ini

Selain pemeriksaan instalasi, Sugianto menyampaikan bahwa petugas juga memeriksa ketersediaan genset di masjid sebagai back-up pasokan listrik. Beberapa masjid telah memiliki genset dengan kapasitas yang cukup untuk menjadi back-up. Namun terdapat masjid yang gensetnya mengalami kerusakan sehingga back-up hanya cukup untuk kebutuhan penerangan masjid saja.

“Genset memang diperlukan sebagai back-up pasokan listrik. Namun secara umum, seluruh masjid yang dilakukan pemeriksaan memiliki daya yang cukup,” katanya.

Menanggapi pernyataan Radiansyah, Sugianto menyampaikan bahwa saat ini kondisi daya mampu PLN telah surplus sehingga masyarakat tidak perlu merasa khawatir.

“Padam yang terjadi mayoritas disebabkan oleh gangguan jaringan yang bisa diakibatkan oleh sentuhan pohon, gangguan binatang, petir, khususnya saat turun hujan. Kami terus berupaya untuk meningkatkan keandalan jaringan supaya gangguan dapat berkurang,” katanya.

Sugianto juga menambahkan bahwa kecukupan daya pada masjid perlu diperhatikan agar kegiatan ibadah berjalan dengan lancar.

“Jika daya masjid tidak cukup, maka masyarakat khususnya pengurus masjid dapat segera mengajukan tambah daya ke PLN. Terlebih lagi saat ini sedang berlangsung Promo Gemerlap Lebaran 2018 yang memberikan diskon 100 persen tambah daya untuk rumah ibadah alias gratis,” ujar dia.

Penulis: Sofyar Redhani
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help