Berita Banjarbaru

Pelunasan Haji Tahap II Ditutup, Kalsel Sisakan 12 Porsi, Noor Fahmi: Bakal Diisi Jemaah Cadangan

Sampai penutupan pelunasan biaya haji tahap II untuk Kalimantan Selatan menyisakan 12 porsi yang tidak terlunasi.

Pelunasan Haji Tahap II Ditutup, Kalsel Sisakan 12 Porsi, Noor Fahmi: Bakal Diisi Jemaah Cadangan
irfani rahman
Kepala Kantor Kementerian Agama Kalimantan Selatan, Noor Fahmi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Sampai dengan penutupan pelunasan biaya haji hari ini, Jum’at (25/05/2018), jam 15.00 WIB, kuota haji tahap II untuk Kalimantan Selatan menyisakan 12 porsi yang tidak terlunasi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Prov Kalsel H. Noor Fahmi usai menerima laporan dari Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah sesi terakhir tahap II ditutup.

"Pada tahap I kemaren, masih ada 184 kuota haji yang belum terlunasi dan selanjutnya diperuntukkan untuk jemaah sesuai kriteria pada tahap II yaitu 152 dan 32 untuk Tim Petugas Haji Daerah (TPHD). Kemudian dalam masa pelunasan tahap II dari tanggal 16 s.d 25 Mei hari ini masih menyisakan 12 porsi lagi," ujar Noor Fahmi, Jumat (25/05/2018) kepada Banjarmasinpost.co.id.

Selanjutnya Noor Fahmi mengatakan, "12 sisa kuota, akan diisi oleh jemaah cadangan yang juga sudah melunasi di tahap II ini," sambungnya.

Baca: Hari Ini Jadwal Pengumuman UN SMP 2018, Begini Cara Melihat Hasil UN SMP dan UN MTs 2018 Via Online

Baca: 3 Link Live Streaming Indosiar Persija vs Persipura Liga 1 2018 via Vidio.com Malam Ini 20.30 WIB

Lebih lanjut, Noor Fahmi mengatakan bahwa ada beberapa alasan yang melatar belakangi tidak terlunasinya 12 sisa kuota tersebut di antaranya status haji yang masih menunggu porsi keluarganya, sakit dan alasan lainnya karena finansial.

Fahmi menambahkan, ada sembilan kabupaten yang semua jemaahnya sudah melakukan pelunasan, kecuali empat kabupaten yang menyisakan porsi, yaitu: Kabupaten Banjar tiga porsi, Kabupaten Tanah Laut enam porsi, Kabupaten Hulu Sungai Tengah satu porsi dan Kabupaten Tabalong satu porsi.

Menyinggung Calon Jamaah Haji Cadangan Kalsel yang akan mengisi sisa porsi tahap II, Ka.Kanwil menerangkan bahwa mereka juga diminta untuk melunasi BPIH pada tahap II dan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan guna menentukan istithoah kesehatan yang bersangkutan. “Dari 190 porsi haji cadangan, hingga sesi penutupan tahap II yang telah melunasi sebanyak 125 orang, "ujarnya.

Baca: Live O Channel! Link Live Streaming Madura United vs Persebaya Liga 1 2018 via Streaming OChannel

Baca: Susunan Pemain Madura United vs Persebaya Liga 1 2018 - Tampil Tak Full Team

Tidak terjatahkannya tahun ini calon Jemaah haji lanjut usia (lansia), KaKanwil mengatakan bahwa dari 152 jatah yang disediakan untuk tahap II habis terbagi kepada mereka yang mengalami gagal system yaitu 1 orang, mereka yang masuk porsi pelunasan tahap pertama yang berstatus haji yaitu 77 orang, Penggabungan suami/isteri dan anak kandung/ orang tua terpisah 74 orang dan Tim Petugas Haji Daerah (TPHD) 32 orang.

“Dalam kesempatan tahun ini, saya menyampaikan mohon maaf kepada para lansia dan keluarga karena sesuai dengan urutan mereka yang berhak melunasi di tahap II yang termuat dalam Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 29 Tahun 2015 dan Keputusan Direktur Jenderal (Dirjen) Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI Nomor 148 Tahun 2018 tidak mendapat alokasi karena habis diperuntukan bagi mereka yang gagal system, status sudah haji, terpisah mahrom dan TPHD," pungkasnya. (banjarmasinpost.co.id/milna)

Penulis: Milna Sari
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved