Pengumuman UN SMP 2018

Pengumuman Hasil UN SMP 2018, Kini Surat Keterangan Lulus Bukan SKLUN Tapi SHUN, Apa Itu?

Biasanya, sekolah mengeluarkan Surat Keterangan Lulus Ujian Nasional (SKLUN). Tahun ini diganti jadi Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SHUN).

Pengumuman Hasil UN SMP 2018, Kini Surat Keterangan Lulus Bukan SKLUN Tapi SHUN, Apa Itu?
banjarmasinpost.co.id/hanani
Siswa SMP dari sekolah-sekolah desa terpencil di Pegunungan Meratus yang mengikuti UNBK di SMAN 9 Kecamatan Batangalai Timur, Hulu Sungai Tengah, makan siang bersama di sekolah, Senin (23/4/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Ada yang berubah terkait nilai hasil ujian nasional (UN) SMP 2018. Biasanya, sekolah mengeluarkan Surat Keterangan Lulus Ujian Nasional (SKLUN). Tapi, mulai tahun ini diganti jadi Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SHUN).

Surat Keterangan Lulus Ujian Nasional (SKLUN) dikeluarkan sekolah berisi nilai dan pernyataan tentang akademik siswa. Selain itu, tidak lagi membutuhkan cap tanda tangan basah. Mulai tahun 2018 ada yang beda, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengganti SKLUN menjadi Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SHUN).

Apak itu SHUN yang gantikan SKLUN? SHUN akan menggunakan 'barcode' atau kode batang sebagai tanda digital (digital signature). 'Barcode' pada SHUN ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan melacak keaslian yang sudah terdata dalam sistem milik Kemendikbud.

Baca: Hari Ini Jadwal Pengumuman UN SMP 2018, Begini Cara Melihat Hasil UN SMP dan UN MTs 2018 Via Online

Baca: Link Website Hasil Ujian Nasional (UN) SMP 2018, Klik di Sini

Setiap 'barcode' dapat dipindai di laman milik Kemendikbud di http://shun.puspendik.kemdikbud.go.id.

Perubahan dari tanda tangan ke sistem 'barcode' ini dibuat untuk meminimalisir pemalsuan hasil UN. Sistem kode batang dianggap sulit dimanipulasi karena terekam dalam sistem terpusat yang dapat dilacak dan dicek oleh siapapun.

SHUN dapat dilihat secara online menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

Serfitikat Hasil Ujian Nasional kini tidak membutuhkan tandatangan basah dan sudah menggunakan pengaman barcode.
Serfitikat Hasil Ujian Nasional kini tidak membutuhkan tandatangan basah dan sudah menggunakan pengaman barcode. ((Kemdikbud.ri))

Dalam SHUN, pada bagian tengah ke bawah sertifikat terdapat daftar mata pelajaran yang diujikan dan hasil UN yang diperoleh siswa.

Baca: Jadwal Siaran Langsung (Live) TVRI Semifinal Thomas Cup 2018 Jumat (25/5) Indonesia vs China!

Selain hasil UN, sertifikat ini juga bakal mencantumkan metode pelaksanaan UN yakni berbasis komputer atau kertas dan pensil.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) menyampaikan meski tidak lagi membutuhkan tanda tangan basah oleh siswa SHUN dengan sistem 'barcode' telah dianggap sah untuk dicetak dan digunakan mendaftar kerja atau perguruan tinggi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Serfitikat Hasil UN Kini Gunakan Penanda Digital" https://edukasi.kompas.com/read/2018/05/02/08280451/serfitikat-hasil-un-kini-gunakan-penanda-digital

Editor: Royan Naimi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved