Home »

Kolom

» Tajuk

Tajuk

Tantangan Naik Kelas

Tapi bukan hanya Polda Kalsel, ada tiga polda lagi yang juga mengalami kenaikan tingkat ke Tipe A, yakni Polda Kalimantan Tengah

Tantangan Naik Kelas
Banjarmasinpost.co.id/Nia Kurniawan
Wakapolri Komjen Pol Syafruddin kukuhkan kenaikan status Polda Kalsel dari tipe B menjadi tipe A, Kamis (24/5/2018) di Lapangan Satuan Brimob Polda Kalsel. 

DI masa kepemimpinan Brigjen Rachmat Mulyana, Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Selatan akhirnya resmi naik kelas dari Tipe B menjadi Tipe A.

Tapi bukan hanya Polda Kalsel, ada tiga polda lagi yang juga mengalami kenaikan tingkat ke Tipe A, yakni Polda Kalimantan Tengah, Jambi dan Nusa Tenggara Barat.

Sebagai gong kenaikan tingkat untuk Polda Kalsel, telah dilaksanakan Upacara Pengukuhan Peningkatan Status yang dilakukan oleh Wakapolri, Komisaris Jendral Drs Syafruddin, MSI, kemarin sore Lapangan Satuan Brimob Polda Kalsel, di Banjarbaru.

Dengan kenaikan tipe ini, besar kemungkinan akan terjadi penambahan personel yang tak sedikit buat Polda Kalsel. Karena ini juga berkait dengan eskalasi ancaman, luas wilayah, dan jumlah penduduk yang juga menjadi point penilaian untuk bisa naik kelas.

Selain itu, pejabat yang memegang wilayah di Polda Tipe A bakal memiliki kriteria khusus, seperti lebih senior.

Hampir dipastikan, Kalsel nantinya akan memiliki seorang kapolda yang berpangkat inspektur jenderal (irjen) berbintang dua dan wakapolda berpangkat brigadir jenderal (brigjen) berbintang satu.

Tapi, tentu masyarakat tak ambil pusing, apakah nanti kapoldanya berbintang satu atau berbintang dua. Harapan masyarakat pastinya, dengan kenaikan tipe ini, bagaimana Polda Kalsel nantinya semakin bisa memosisikan dirinya menjalankan fungsi sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat secara maksimal.

Kabid Humas Polda Kalsel AKBP Mochammad Rifai mengatakan, konsekuensi naik ke tipe A direspons dengan peningkatan pelayanan yang prima dan profesional oleh seluruh personel Polri.

Menurutnya, Polri sebagai pelindung dan pengayom masyarakat terus mengedepankan prinsip promoter yakni profesional, moderen dan terpercaya.

Jika melihat pernyataannya tersebut, pada intinya masyarakat dijanjikan pelayanan yang lebih maksimal dan tak mengecewakan dalam berbagai hal yang terkait dengan kepolisian. Ini tentu menjadi angin segar bagi masyarakat yang selalu mendambakan kemudahan dan kenyamanan dalam segala urusan.

Dan, yang pasti, masyarakat sangat berharap pelayanan prima dan profesional itu bukan sekadar janji berbuih. Masyarakat tidak ingin pelayanan prima dan profesional itu hanya menjadi milik orang atau golongan tertentu saja.

Tapi kita harus mempunyai pikiran positif, bahwa dengan kenaikan tipe ini membuat seluruh jajaran Polda Kalsel semakin termotivasi untuk menjadi lebih baik dan profesional dalam melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat. Tujuan utamanya adalah memberikan kepuasan kepada masyarakat.

Di satu sisi, bagi seluruh anggota kepolisian jajaran Polda Kalsel, dengan kenaikan tipe ini menjadi tantangan tersendiri untuk bisa bekerja lebih profesional seperti apa yang diharapkan para petingginya dan masyarakat. (*)

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help