Berita Banjarmasin

Duta Bahasa Sambangi Pesantren, Siswa Pun Dibacakan Dongeng

Dari rilis yang dikirim oleh Duta Bahasa Kalsel, Sabtu (26/5/2018), Acara tersebut merupakan rangkaian terakhir dari Literasi siswa

Duta Bahasa Sambangi Pesantren, Siswa Pun Dibacakan Dongeng
Isti Rohayanti
Duta Bahasa menyambangi Pesantren Ramadan SDIT Qardhan Hasana Banjarbaru, Rabu (23/5/2018) lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Balai Bahasa Kalimantan Selatan dan IKA Duta Bahasa Kalsel berkegiatan di Ramadan tahun ini. Mereka menyambangi Pesantren Ramadan SDIT Qardhan Hasana Banjarbaru, Rabu (23/5/2018) lalu.

Dari rilis yang dikirim oleh Duta Bahasa Kalsel, Sabtu (26/5/2018), Acara tersebut merupakan rangkaian terakhir dari Literasi siswa yang diadakan di dua SD dan tiga SLTP di Banjarbaru pada 7 sampai 23 Mei 2018.

Agenda yang berisi penyampaian informasi kebahasaan dan kesastraan serta sosialisasi Gerakan Literasi Nasional ini bertujuan khusus.

Baca: Hari Ini Jadwal Pengumuman UN SMP 2018, Begini Cara Melihat Hasil UN SMP dan UN MTs 2018 Via Online

Menurut Kepala Balai Bahasa Kalimantan Selatan, Imam Budi Utomo, tujuannya adalah menumbuhkan budaya berliterasi di kalangan pelajar.

"Kami berharap kegiatan ini mampu menumbuhkan budaya literasi di kalangan pelajar," ujar Imam.

Baca: Real Madrid vs Liverpool di Final Liga Champions 2018 - Jadi Ajang Laga Perdana Trio BBC

Lebih lanjut Imam menjelaskan bahwa pemilihan tanggal ini bertepatan dengan momen Ramadan, sehingga sangat tepat untuk mengimbau generasi muda untuk berliterasi.

Alasannya, ayat Alquran yang pertama diturunkan adalah Iqra berarti bacalah atau bermakna perintah agar manusia berliterasi.

Berbeda dari buku cerita yang dibacakan di sekolah lain, pada kesempatan itu, para Duta Bahasa Kalsel membacakan khusus cerita nabi dan para sahabat.

Baca: Jadwal Siaran Langsung (Live SCTV) Final Liga Champions Real Madrid vs Liverpool Malam Ini

Sementara itu para siswa merasa sangat senang akan kehadiran para Duta Bahasa Kalsel ke program Pesantren Ramadan sekolah meraka, terlebih ada empat cerita Islami yang dibacakan.

Kiky, siswa di kegiatan itu merasa Pesantren Ramadan kali ini sangat berbeda. Karena banyak mendengar cerita Islami yang menarik.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDIT Qardhan Hasana, Nurhidayah, menyambut baik agenda tersebut.
Ia menyatakan terima masih sebab sekolahnya dijadikan lokasi acara. Ia juga berdoa agar kegiatan tersebut selalu berkelanjutan.

(Banjarmasinpost.co.id/ Isti Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved