Berita HSU

Warga Berharap Poskesdes di Desa Jingah Bujur Bisa Segera Dimanfaatkan, Ini Alasannya

Desa Jingah Bujur Kecamatan Haur Gading masih dalam upaya pengentasan angka stunting atau keterlambatan pertumbuhan anak

Warga Berharap Poskesdes di Desa Jingah Bujur Bisa Segera Dimanfaatkan, Ini Alasannya
banjarmasinpost.co.id/reni kurniawati
Poskesdes di Desa Jingah Bujur, Kecamatan Haur Gading, HSU, masih belum dioperasikan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Desa Jingah Bujur Kecamatan Haur Gading masih dalam upaya pengentasan angka stunting atau keterlambatan pertumbuhan anak. Salah satunya dengan mengaktifkan Posyandu.

Pasalnya dengan adanya posyandu pertumbuhan anak dapat di awasi. Anak yang memiliki keterlambatan pertumbuhan akan diberikan pendampingan perupa latihan fisik dan pemberian makanan tambahan.

Upaya lain adalah dengan memberikan bibit tanaman sayur dan buah-buahan yang diharapkan dapat ditanam di sekitar rumah dan dimanfaatkan untuk bahan makanan guna meningkatkan gizi anak.

Buah dan sayur merupakan makanan penting bagi pertumbuhan anak, sayangnya masih ada orangtua yang belum menyadari hal tersebut. Karenanya perlu selalu diberikan pendampingan melalui kegiatan posyandu.

Baca: Prediksi Susunan Pemain PSMS Medan vs Arema FC Liga 1 Pekan 11 Sabtu (26/5)

Selama ini posyandu dilaksanakan di rumah kepala desa. Karena belum ada tempat yang memadai. untuk meningkatkan keaktifan warga untuk mengikuti Posyandu pihak Desa memberikan hadiah hiburan kepada warga yang rutin mengikuti Posyandu dalam waktu 1 tahun.

Beruntung saat ini Pemerintah Daerah telah membangun Poskesdes untuk Desa Jingah Bujur yang nantinya juga diharapkan bisa dimanfaatkan untuk Posyandu.

Bangunan utama sudah rampung dibangun namun saat akan membangun kamar mandi ternyata air rawa pasang. Kepala Desa Jingah Bujur Khairullah mengatakan padahal jika kamar mandi sudah rampung dibangun sudah bisa digunakan sepenuhnya setelah serah terima.

Baca: Ini 5 Besar UN SMP Negeri DKI Jakarta, Cek Hasil UN SMP 2018 dan UN MTs 2018 Online Lewat Link Ini

"Kami berharap bangunan bisa segera diselesaikan, untuk kenyamanan warga. Untuk bidan desa dan perawat juga sudah teraedia," ungkapnya.

Selama ini untuk layanan kesehatan memang sudah terpenuhi, bidan desa yang ada juga sangat membaur dengan masyarakat dan selaluberada ditempat. (banjarmasinpost.co.id/nia)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved