Berita Hulu Sungai Utara

Aksi Polres Hulu Sungai Utara Memburu Para Pembalap Liar, Lihat Foto-fotonya

Satuan Lantas Polres HSU selalu mengantisipasi adanya balapan liar pada malam Ramadhan

Aksi Polres Hulu Sungai Utara Memburu Para Pembalap Liar, Lihat Foto-fotonya
Reni
Anggota Polres HSU merazia aksi balapan liar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Satuan Lantas Polres HSU selalu mengantisipasi adanya balapan liar pada malam Ramadha.

Pasalnya setiap bulan ramadan cukup banyak oknum warga yang memanfaatkan jalan raya sebagai tempat balapan liar.

Untuk mencegah terjadinya korban dan tidak mengganggu kenyamanan masyarakat sekitar Satuan Lantas Polres HSU melajukan patroli dan mengamankan para remaja yang kedapatan melakukan balapan liar.

Melalui giat patroli malam atau blue light Satlantas Polres HSU menertibkan balap liar kendaraan roda dua di sekitar pusat kota Amuntai. Bundaran kota amuntai dan jalan Norman Umar menjadi tempat favorit bagi para pembalap liar karena jalan dua arah dan mulus serta jalan lurus yang cukup panjang.

Kasat Lantas Polres HSU Iptu R Djoko Setiawan mengatakan kegiatan patroli rutin dilakukan untuk menghindari adanya balapan liar yang dapat mengganggu kenyamanan masyarakat.

Razia balapan liar HSU.
Razia balapan liar HSU. (Reni)

Sabtu (26/05/2018) malam Anggota Satlantas Polres HSU yaitu Bripka Agus, Bripka Yayang S, Bripka Sutino, Brigadir Sugeng A, Brigadir Eko dan Bripda Frengky melaksanakan patroli menggunakan sarana mobil patroli dan unit roda 2.

Jalur yang dilalui antara lain bundaran kota amuntai, taman junjjng buih, jalan Basuki Rahmat, Jalan A Yani, Jalan Negara Dipa, jalan lambung mangkurat dan Jalan Kuripan.

Jalan ini merupakan tempat favorit bagi para pembalap liar karena saat lewat tengah malam cukup sepi. Balapan liar selain mengganggu warga sekitar karena biasa menggunakan knalpot bersuara nyaring juga dapat membahayakan diri dan orang lain.

Karena jalan raya meskipun sepi bisa saja ada pengendara lain yang tiba tiba melintas dan dapat membahayakan orang lain. Sebagian para pelaku balap liar ini juga tidak melengkapi perlengkapan mengemudi seperti helm, bahkan sepeda motor mereka sudah dimodivikasi yang tidak sesuai dengn surat kendaraan.

Razia balapan liar HSU.
Razia balapan liar HSU. (Reni)

Kasat Lantas Polres HSU Iptu R Djoko Setiawan mengatakan dalam giat tersebut anggota juga melakukan pemeriksaan pada remaja yang tengah nongkrong secara berkelompok yang dikhawatirkan melakukan aksi balap liar. "Patroli juga difokuskan pada daerah rawan Laka, rawan pelanggaran dan rawan kriminalitas di jalan," ungkapnya.

Razia balapan liar HSU.
Razia balapan liar HSU. (Reni)

Pada patroli yang dilaksanakan anggota berhasil mengamankan lima kendaraan bermotor yang tidak memiliki kelengkapan seperti spion, SIM, STNK dan helm.

"Kami langsung amankan para pemuda yang diduga biasa melakukan balap liar dan tidak memiliki kelengkapan berkendara," ungkapnya.

Razia balapan liar di HSU.
Razia balapan liar di HSU. (Reni)

Pihaknya juga berharap agar mendapat bantuan dan kerjasama dari masyarakat, jika melihat adanya balapan liar bisa langsung melaporkannya ke kepolisian setempat. (BANJARMASINPOST.co.id/reni kurnia wati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help