Banjarmasin Ladang Usaha Kuliner

Terkait Maraknya Usaha Kuliner, Pakar Ekonomi ULM: Bisnis yang Kejam!

Dijelaskannya, karena sekarang masyarakat cenderung mencari yang praktis terutama untuk urusan perut.

Terkait Maraknya Usaha Kuliner, Pakar Ekonomi ULM: Bisnis yang Kejam!
Istimewa
Dosen Ekonomi di ULM, Arief Budiman 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Ladang usaha kuliner di Kota Banjarmasin dan sekitarnya menjanjikan tetapi juga bisnis yang kejam. Diungkapkan Dosen Ekonomi di ULM, Arief Budiman.

Dijelaskannya, karena sekarang masyarakat cenderung mencari yang praktis terutama untuk urusan perut. Akhirnya banyak industri kuliner yang buka dan menawarkan berbagai menu, ditambah lagi dengan kemudahn delivery sampai ke rumah melalui aplikasi.

Baca: Jadwal Siaran Langsung (Live) TV Liga 1 2018 Pekan 11 Minggu (27/5) : Bali United vs Persib!

Banyak usaha kuliner yang hanya seumur jagung dan berubah dengan cepat, terutama di kawasan Kayutangi dan Sultan Adam. Bulan lalu menu khas bakaran Banjar, setelah tidak banting setir dengan menu geprekan.

Baca: Live TVRI! Live Streaming Final Thomas Cup 2018 China vs Jepang via Streaming TVRI Minggu (27/5)

“Oleh karena itu pengusaha sebaiknya melakukan survey pasar dan perencanaan yang matang sebelum terjun ke bisnis kuliner,” katanya.

Carilah ceruk pasar yang spesifik yang belum ada pemain banyak dalam usaha yang sejenis. Differrnsiasi bisa menjadi strategi kompetitif untuk memenangkan persaingan yang sangat ketat terutama di Banjarmasin.

“Baik itu diffrensiasi menu yang dtawarkan, produk, service dan segment konsumen yang dipilih untuk tidak ikut hiruk pikuk di bisnis kerumunan,” tambahnya. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help