Ekonomi dan Bisnis

Data SLIK Tidak Sesuai, Nasabah Bisa Koordinasikan Dengan OJK

Kesalahpahaman yang timbul akibat ketidaksesuaian pada segelintir data dalam Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK)

Data SLIK Tidak Sesuai, Nasabah Bisa Koordinasikan Dengan OJK
BANJARMASINPOST.co.id/achmad maudhody
Direktur LJK OJK Regional IX Kalimantan, M Nurdin Subandi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kesalahpahaman yang timbul akibat ketidaksesuaian pada segelintir data dalam Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) atau yang sebelumnya lebih dikenal dengan BI Checking bisa saja terjadi.

Dijelaskan Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan (LJK) OJK Regional IX Kalimantan, M Nurdin Subandi, hal ini bisa disebabkan karena beberapa hal.

Pertama yaitu faktor human error dimana terjadi ketidaktelitian proses input data nasabah kedalam sistek SLIK oleh pelaku usaha di industri jasa keuangan.

Selain itu, mungkin juga terjadi karena tumpang tindihnya nomor penduduk yang jarang namun bisa saja terjadi saat mengurus e-KTP.

Baca: Prediksi Susunan Pemain Persebaya vs Persipura Liga 1 Pekan 11 Selasa (29/5)

Baca: Siap-siap! Trans Studio dan Transmart Hadir di Banjarmasin, Ini Bocoran Tanggal Bukanya

Hal ini bisa saja membuat seseorang yang tidak pernah memiliki catatan kredit tiba-tiba memiliki riwayat kredit macet dan sebagainya.

Jika terjadi demikian dan diakibatkan kesalahan input data oleh pelaku usaha jasa keuangan maka tentu merugikan nasabah tersebut karena akan kesulitan mengajukan kredit di masa yang akan datang.

Karena itu, OJK menghimbau kepada masyarakat yang mengalami hal demikian untuk segera laporkan kepada OJK.

OJK akan bantu konfirmasikan ke lembaga keuangan bersangkutan dan telusuri apakah memang ada kesalahan data pada SLIK terkait nasabah pelapor.

"Kalau kesalahan oleh pelaku usaha jasa keuangan, dia harus lakukan koreksi data tersebut. Kami akan jembatani dengan pelaku usaha jasa keuangan tersebut," kata M Subandi. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Foto : Direktur LJK OJK Regional IX Kalimantan, M Nurdin Subandi

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help