Berita Hulu Sungai Tengah

Jalur Mudik Idul Fitri 2018 Kalsel, Waduh Jalan Walangsi-Kapar Belum Bisa Dibuka Hingga Lebaran

Kondisi jalan nasional maupun jalan provinsi yang merupakan jalur mudik Idul Fitri 2018 di Kabupaten Hulu Sungai Tengah tak lagi mulus.

Jalur Mudik Idul Fitri 2018 Kalsel, Waduh Jalan Walangsi-Kapar Belum Bisa Dibuka Hingga Lebaran
banjarmasinpost.co.id/hanani
Pengendara sepeda motor terperosok saat melewati lobang besar di Jalan Lingkar Kapar-Walangsi, beberapa waktu yang lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Kondisi jalan nasional maupun jalan provinsi yang merupakan jalur mudik lebaran Idul Fitri 2018 di Kabupaten Hulu Sungai Tengah tak lagi mulus.

Meski demikian, sejumlah lubang-lubang besar telah dilakukan penambalan oleh pihak provinsi maupun Balai Jalan untuk menghadapi arus mudik Lebaran Idul Fitri 2018.

Adapun jalur mudik Lebaran Idul Fitri 2018 di wilayah HST, meliputi jalan nasional di perbatasan Batumandi-Kecamatan Batangalai Utara, hingga ke Kapar-Mandingin, lalu masuk Jalan Anatasi kota Barabai, hingga Jalan Murakata.

Selanjutnya, dari jalan Murakata tersebut menuju Pantai Hambawang hingga Pangambau , kecamatan Haruyan perbatasan HST-HSS.

Baca: Rumah Kos 2 Lantai Terbakar di Surabaya, 8 Penghuni Tewas Terjebak Api

Baca: Prediksi Susunan Pemain Persebaya vs Persipura Liga 1 Pekan 11 Selasa (29/5)

Baca: Jadwal Siaran Langsung (Live) RCTI Timnas U-23 Indonesia vs Thailand Jelang Asian Games 2018

Baca: Siap-siap! Trans Studio dan Transmart Hadir di Banjarmasin, Ini Bocoran Tanggal Bukanya

Selain tersebut, HST memiliki jalur mudik alternative bagi lalu lintas dari daerah Kaltim, Tabalong dan Balangan, yaitu jalan nasional Kapar-Walangsi, yang kini jadi jalur angkutan semen Conch Tabalong.

Namun, kondisi jalan tersebut telah rusak parah, dan saat ini sedang dilakukan perbaikan oleh Balai Jalan Wilayah Kalsel.
Diperkirakan, hingga lebaran Idul Fitri nanti, perbaikan jalan tersebut belum selesai, sehinga arus mudik yang melewati wilayah HST dari Kaltim ke Banjarmasin atau sebaliknya, terfokus melewati jalan masuk kota Barabai.

Pantauan BPost, di jalur mudik khususnya dari Jalan Pajukungan sampai Pantai Hambawang hingga ke perbatasan HST HSS, upaya penambalan lubang-lubang sudah dilakukan pihak terkait.

Meski demikian kondisi jalan yang tak begitu mulus karena masih ada beberapa titik bergelombang, harus diwaspadai.

Sedangkan jalan dari Mandingin ke Kapar sampai ke Ilung Kecamatan Batangalai Utara, sebagian sudah ditambal, namun masih terdapat beberapa lubang.

Kepala Bidang Perhubungan Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup HST, Kamarudin, yang dikonfirmasi BPost Selasa (29/5/2018) mengatakan, dari pantaun pihaknya, kondisi jalan di jalur mudik sebagian telah diperbaiki melalui penambalan.

“Lubang-lubang besar, baik di tengah maupun dipinggir jalan sudah ditambal. Khususnya dari kota Baranai sampai Pangambau perbatasan HST-HSS. Kalau yang dari Ilung ke perbatasan Balangan, kami belum memantau,” kata Kamarudin.

Mengenai jalan Walangsi-Kapar, menurut Kamarudin, sepertinya belum bisa dibuka sampai lebaran nanti karena masih proses perbaikan.

“Memang untuk di jalur sebelahnya bisa saja dilewati, tapi baru tahap pengerasan, dan belum beraspal,” katanya. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved