Berita Hulu Sungai Tengah

Catat! Tanggal Pencairan THR Pegawai Pemkab Hulu Sungai Tengah via Bank Kalsel

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah siap membayarkan tunjangan hari raya (THR) para aparatur Sipil Negera (ASN),

Catat! Tanggal Pencairan THR Pegawai Pemkab Hulu Sungai Tengah via Bank Kalsel
net
Ilustrasi PNS 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI- Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah siap membayarkan tunjangan hari raya (THR) para aparatur Sipil Negera (ASN), sebagaimana Peraturan Menteri Keuangan, yang memerintahkan paling lambat minggu pertama Juni 2018 sudah dibayar.

Kepala Bagian Keuangan Pemkab HST, Teddy Taufany, yang dikonfirmasi banjarmasinpost.co.id, Kamis (31/5/2018) menjelaskan, sebanyak Rp 18 miliar untuk membayar THR tersebut sudah dianggarkan dan telah ditandatangani Plt Bupati HST, sehingga dijadwalkan pembayarannya 4 Juni 2018 mendatang.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana THR ASN hanya gaji pokok, kali ini dibayar secara take home pay atau gajih bersih, yang didalamnya masuk tunjangan-tunjangan.

Baca: Hadir di Kalsel! The Galeria Mall dengan Konsep Mal Megah di Sini Lokasinya

Baca: 2 Link LIVE STREAMING Indosiar Persib Bandung vs Bhayangkara FC Liga 1 via Vidio.com

“Jadi tiap ASN menerima gaji bersih bulanan, tanpa tunjangan beras, namun juga tanpa pemotongan tabungan perumahan, tanpa potongan iuran BPJS Kesehatan maupun Taspen,”jelas Teddy.

Sebelumnya, pada 2017, THR yang dibayarkan hanya sebesar gaji pokok, sehingga total dana yang dikeluarga Pemkab HST hanya Rp 16,3 miliar.
Adapun total ASN di HST 4.200 orang. Apakah dana tambahan untuk membayar THR secara total gaji per bulan tiap PNS tersebut dibantu pemerintah pusat?

Teddy mengatakan tak ada dana tambahan dari pemerintah pusat. Semua dana yang dibayarkan merupakan Dana Alokasi Umum, yang sudah masuk ke APBD HST 2018.

Diakui, konsekwensi kebijakan pusat itu, pemerintah daerah harus menganggarkan ulang ,disesuaikan kebutuhan untuk mencukupi kekurangannya.
Disebutkan, selain mendapatkan THR pada 4 Juni nanti, ASN masih mendapatkan tambahan penghasilan melalui gaji ke-13, yang anggarannya juga telah disiapkan untuk satu kali gaji bulanan.

Gaji ke 13 tersebut dibayarkan pada Juli mendatang.

Khusus untuk para guru, bulan berikutnya masih akan menerima hak mereka, berupa dana sertifikasi, yang rencananya dibayarkan bulan berikutnya.
“Rencananya Agutus 2018 mendatang,” jelas Teddy.

Bagaimana dengan pegawai Pemkab berstatus kontrak dan guru honor? Teddy mengatakan, tak bisa dianggarkan karena tidak payung hukum yang membolehkan daerah untuk hal tersebut. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help