Berita HSS

Dandim Kandangan Sampaikan Kuliah Subuh di Masjid Istiqomah, Ajak Jemaah Renungi Waktu

Komandan Kodim (Dandim) 1003/Kandangan Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto menyampaikan kuliah subuh di Mesjid Istiqomah Kandangan.

Dandim Kandangan Sampaikan Kuliah Subuh di Masjid Istiqomah, Ajak Jemaah Renungi Waktu
Humas Kondim Kandangan
Dandim Kandangan saat memberikan tausiyah di Masjid 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN- Komandan Kodim (Dandim) 1003/Kandangan Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto menyampaikan kuliah subuh di Mesjid Istiqomah Kandangan.

Dalam kuliah subuhnya pada kegiatan safari ramadhan itu, Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto menyampaikan tentang syukur nikmat kepada para jamaah yang hadir di Mesjid Istiqomah Kandangan.

Dijelaskannya bahwa waktu yang dimiliki manusia itu sama, namun cara menggunakannya yang berbeda-beda.

"Ada yang menggunakan waktu sebaik mungkin. Ini adalah wujud rasa syukur atas nikmat waktu yang diberikan Allah SWT. Ada juga yang menggunakan waktu seenaknya saja, dan ini adalah wujud dari mengkufuri nikmat waktu," katanya, Jumat, (1/6).

Dijelaskannya bahwa barang siapa yang mengkufuri nikmat Allah, maka ia sama saja dengan mencelakai dirinya sendiri. Karena Allah SWT berfirman dalam surah Ibrahim, “Sesungguhnya jika kalian bersyukur, pasti kami akan menambah nikmat kepada kalian. Dan jika kalian mengingkari nikmat-Ku, maka sesungguhnya adzab-Ku amat pedih.”

Baca: Peringatan Nuzulul Quran 2018, Inilah Sosok Sahabat Qari Alquran Pertama di Dunia, Rasulullah Kagumi

Sedangkan Rasulullah SAW sudah mengingatkan kita bahwa nikmat waktu ini seringkali dilupakan oleh manusia. Dalam haditsnya beliau bersabda, “Dua kenikmatan yang sering dilalaikan oleh sebagian besar manusia adalah nikmat sehat dan nikmat waktu luang”. (HR. Bukhari dan Ibnu Majah).

"Rasulullah SAW bersabda, “Manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara, waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu, waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu, waktu luangmu sebelum datang waktu sibukmu dan hidupmu sebelum datang kematianmu," bebernya.

Untuk itu, pada kesempatan kuliah subuh ini, Dandim Kandangan mengajak kepada jemaah untuk merenungi bagaimana waktu yang sudah dilalui.

Baca: Nuzulul Quran 2018, Ini Waktu Terbaik Membaca Alquran, Ini Gambaran Rasulullah Bagi Pembaca Alquran

"Sudahkah kita mengisinya dengan hal-hal bermanfaat sebagai wujud syukur kita kepada Allah SWT. Ataukah malah sebaliknya, berlalu begitu saja secara sia-sia," lanjutnya.

Ditambahkannya mari kita renungi waktu saat ini dan yang akan datang dengan mengkuatkan tekad bahwa kita akan mengisinya dengan hal-hal yang akan semakin mendekatkan diri kita kepada Allah Swt.
"Semoga kita tergolong orang-orang yang beruntung di dunia dan di akhirat," tambahnya. (banjarmasinpost.co.id/Rian).

Penulis: Aprianto
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help