Berita HST

Syukuran Lulus Tes Spesialis THT, Dokter Ini Ajak Santri Pondok Alquran Arraudah Meratus Bukber

Buka bersama sekitar 100 santri, Ustadz M Kasim dan pengurus pondok Alquran tersebut dilaksanakan di Desa Tilahan Kecamatan Hantakan HST.

Syukuran Lulus Tes Spesialis THT, Dokter Ini Ajak Santri Pondok Alquran Arraudah Meratus Bukber
istimewa
Dokter Muhammad Agung Nugruho buka puasa bersama anak-anak tahfiz Alquran di Pondok Alquran Arraudah Kecamatan Hantakan, HST 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Banyak cara seorang muslim mengungkapkan rasa syukurnya atas atas rezeki yang dilimpahkan oleh Allah SWT. Seperti dilakukan dokter Muhammad Agung Nugruho ini. Dia mengajak anak-anak tahfiz Alquran di Pondok Alquran Arraudah buka puasa bersama, Jumat 1 Juni 2018 sore kemarin.

Buka bersama sekitar 100 santri, Ustadz M Kasim dan pengurus pondok Alquran tersebut dilaksanakan di Desa Tilahan Kecamatan Hantakan, Hulu Sungai Tengah di pondok sederhana tempat santri belajar,yang juga berfungsi sebagai tempat tidur.

Kedatangan dokter Agung bersama istri, dr Wenny Rahayu dan anggota Bartman Barabai yang turut diundang, disambut hangat santri-santri cilik tahfiz Alquran itu dengan wajah ceria. Mereka melantunkan salawat, saat rombongan tiba di halaman pondok, yang letaknya di wilayah pegunungan Meratus tersebut.

Baca: Sadis! Mahasiswi Dibunuh di Kamar Mandi Gereja, Pelakunya Pendeta yang Mengasuhnya Sejak SMP

Baca: Doa Berbuka Puasa di Bulan Ramadhan yang Dibaca Nabi Muhammad SAW Dalam Tulisan Latin dan Arab

Dokter Agung, yang tinggal di Barabai, dan sebelumnya menjabat Direktur Rs Ceria Kandangan tersebut mengatakan melaksanakan buka puasa bersama dalam rangka berbagi kebahagiaan dengan anak-anak tersebut. Selain bertepatan hari lahirnya, sekaligus syukuran karena dia lulus tes untuk melanjutkan studi spesialis telinga, hidung, tenggorokan (THT), di UGM. Jika studinya selesai, diapun berjanji akan kembali untuk selanjutnya mengabdi di daerah ini.

Buka puasa bersama Santri, ustadz dan anggota Bartman Barabai tersebut dilanjutkan dengan salat magrib berjamaah. Agung Nugroho mengatakan, dia memilih berbagi dengan pondok Alquran di Meratus tersebut, ustadz dan anak-anak tersebut bisa dijadikan inspirasi bagi masyarakat.

Terutama perjuangan Ustadz M Kasim, mendirikan pondok sederhana ini dengan tujuan yang sangat mulia, yaitu mendidik anak-anak Meratus dengan mengenalkan Alquran, menghapalnya serta menyampaikan kajian Islam melalu dakwah rutinnya sendirian tanpa menerima imbalan apapun.

Baca: Jadwal Buka Puasa Hari ke 17 Ramadhan, Sabtu 2 Juni 2018 di Jakarta, Surabaya dan Kota Besar Lainnya

"Menurut saya, ustadz Kasim contoh anak muda HST yang patut menjadi teladan bagi remaja lainnya, ditengah gempuran maraknya penyalahgunaan narkoba dan pergaulan bebas yang sekarang ini merambah sampai kepelosok desa. Apa yang dia lakukan sekarang ini harus mendapatkan dukungan semua pihak, termasuk pemerintah,"katanya. Pondok Alquran Arraudah didirikan M Kasim (21) warga Desa Buluan, Kecamatan Pandawan, HST tiga tahun lalu, saat dia berusia 19 tahun.

Dokter Muhammad Agung Nugruho dan Bartman Barabai mengajak anak-anak tahfiz Alquran di Pondok Alquran Arraudah buka puasa bersama
Dokter Muhammad Agung Nugruho dan Bartman Barabai mengajak anak-anak tahfiz Alquran di Pondok Alquran Arraudah buka puasa bersama (istimewa)

Kini, Kasim yang lulusan Ponpes Ibnul Amin Pamangkih, Nurul Muhibbin Barabai serta lulusan ponpes Tahfiz Alquran di Barabai, tinggal di pondok bersama santrinya, menjadi pemimpin pondok sekaligus mengajar sendiri dengan berbagai keterbatasan fasilitas dan tanpa gaji.

"Semangat anak-anak dan dukungan masyarakat Tilahan membuat saya bertahan di sini unytuk mengabdi di jalan Allah,"katanya. Pada kesempatan itu pula, Kasim menyampaikan terima kasih, karena pertama kalinya ada pihak yang mengajak santrinya berbuka puasa bersama. Diapun tak lupa mendoakan mereka yang hadir dan yang melaksanakan syukuran, agar diberikan rezeki yang berlimpah oleh Allah serta dicatat oleh Allah sebagai amal ibadah. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved