Ramadhan Zaman Now

Ibu Hamil Hindari Mengonsumsi Makanan Tinggi Lemak

Berpuasa bagi ibu hamil (bumil) tidak diharuskan. Jika bumil tidak berpuasa maka diwajibkan menggantinya di waktu lain

Ibu Hamil Hindari Mengonsumsi Makanan Tinggi Lemak
banjarmasinpost.co.id/kompas.com
Ilustrasi ibu hamil 

BANJARMASINPOST.CO.ID- Berpuasa bagi ibu hamil (bumil) tidak diharuskan. Jika bumil tidak berpuasa maka diwajibkan menggantinya di waktu lain atau membayar fidyah, yaitu memberikan makan bagi orang yang tak mampu.

Rosihan Anwar, ahli gizi, memaparkan, jikapun bumil memutuskan untuk berpuasa, bumil tak perlu membatasi konsumsi saat berbuka maupun sahur.

"Makanlah makanan yang bergizi seimbang di saat sahur dan berbuka. Ini akan membuat berat badan bumil tetap terjaga dan mencegah dari berbagai gejala yang rentan bagi bumil," jelasnya.

Sebetulnya, lanjut Rosihan, tak ada makanan berbuka puasa yang ideal buat bumil, tapi bumil bisa mulai berbuka dengan makanan 3 buah kurma dan minuman jus. Makanan dan minuman ini dapat menyeimbangkan kembali kadar gula darah. Bisa juga susu, sup bening.

Setelah itu, barulah ibu mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang di dalamnya terkandung, antara lain salad (buah-buahan), protein dari daging ayam, ikan, kacang-kacangan, buncis, atau kacang polong. Karbohidrat kompleks dari beras merah, pasta gandum atau roti gandum dan Sayur-sayuran

Hindari mengonsumsi makanan yang kaya dan tinggi lemak. Makanan ini tidak mengandung zat gizi yang diperlukan ibu dan bayi. Jenis makanan ini malah mungkin bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

"Sebagai gantinya cobalah mengonsumsi makanan yang dipanggang atau yang dimasak tanpa menggunakan minyak," tandas Rosihan.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved