Lapor Mang

Apakah Nikah Massal Apakah Masih Ada?

Kami menyarankan agar bisa memfasilitasi warganya untuk Isbat Nikah Masal, agar menghindari terjadinya nikah siri

Apakah Nikah Massal Apakah Masih Ada?
medantalk.com
ilustrasi

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Yth. Kantor Kementerian Agama Banjarmasin. Kami menyarankan agar bisa memfasilitasi warganya untuk Isbat Nikah Masal, agar menghindari terjadinya nikah siri (tanpa buku nikah). Padahal sudah punya banyak anak. Ini bertujuan agar memudahkan anak-anak mereka masuk sekolah, terima kasih. 089644321921

TANGGAPAN:
ASSALAMUALAIKUM, wr, wb. Kami jelaskan bahwa, untuk suami isteri yang tidak tercatat peristiwa nikahnya kita arahkan untuk Itsbat Nikah mengacu pada Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pelayanan Terpadu Sidang Keliling Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iyah dalam rangka penerbitan Akta Kelahiran, Buku Nikah, dan Akta Kelahiran.

Dan untuk pelayanan Pencatatan Nikah di KUA gratis atau nol rupiah, di jam kerja Senin - Jum’at. Kecuali dilaksanakan di luar Balai Nikah, calon pengantin membayar PNBP Rp. 600 ribu yang disetor ke Bank yang ditetapkan Kemenag RI.

Atau bagi warga tidak mampu dibuktikan dengan surat keterangan Miskin di luar Balai Nikah Rp.0. Berdasar PP No.19 tahun 2015 atau PMA No.46 2014, pasal 6. Jadi untuk Nikah massal tidak disarankan dan diarahkan itsbat Nikah ke PA. Demikian yang dapat disampaikan, terima kasih atas perhatiannya.

AHMAD SYA’RANI SAG, Kasi Binmas Islam Kemenang Kota Banjarmasin

AHMAD SYA’RANI SAG
Kasi Bimas Islam Kemenag Banjarmasin

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved