Berita Hulu Sungai Tengah

Pemudik ke Hulu Sungai Jangan Lupa Bawa Kartu JKN-KIS, Ini Manfaatnya

Libur lebaran idul Fitri 1439 Hijriah tahun ini lebih panjang, yaitu mulai H minus delapan atau mulai 7 sampai 23 Juni 2018

Pemudik ke Hulu Sungai Jangan Lupa Bawa Kartu JKN-KIS, Ini Manfaatnya
banjarmasinpost.co.id
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Barabai Sugiyanto (kelima dari kanan) bersama pihak DInkes HST dan RSUD H Damanhuri Barabai, usai memberikan keterangan Pers, Senin (4/6/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI- Libur lebaran idul Fitri 1439 Hijriah tahun ini lebih panjang, yaitu mulai H minus delapan atau mulai 7 sampai 23 Juni 2018.

Meski demikian, BPJS Kesehatan bersama Dinas Kesehatan dan dan pihak rumah sakit tetap memberikan pelayanan kesehatan, kepada pemegang Kantu JKN Kartu Indonesia Sehat (KIS) selama libur tersebut, sesuai prosedur yang telah disepakati.

Untuk itu, bagi warga perantauan yang mudik ke kampung halaman yang meliputi Banua Anam (Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Tengah, Balangan dan Tabalong) diimbau untuk jangan lupa membawa kartunya saat mudik.

Baca: Live Vidio.com! Live Streaming PS Tira vs Barito Putera Liga 1 2018 via Vidio.com UseeTV Malam Ini

Sebab selama libur sebelum hingga lebaran dan pasca lebaran tersebut, fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama (FKTP) dalam hal ini puskesmas tetap memberikan pelayanan.

Demikian pula dengan faskes lanjutan, rumah sakit umum daerah (RSUD) atau rumah sakit lainnya yag bekerjsama dengan BPJS, tetap melayani pasien 24 jam melalui pelayanan Instalasi Gawat Darurat.

”Walapun peserta BPJS itu tak terdaftar di FKTP, bisa saja berobat di tempatnya mudik sepanjang status kepesertaannya aktif,”kata Kepala BPJS Cabang Kesehatan Cabang Barabai, Sugiyanto kepada pers, Senin (4/6/2018) sore tadi di Aula Kantor BPJS Kesehatan Cabang Barabai.

Baca: Live Streaming Indosiar - Susunan Pemain Persipura vs PSM di Pekan 12 Liga 1 2018

Hadir pula pada kesempatan tersebut Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes HST Husnawati dan Kabid Pelayanan Medis RSUD H Damanhuri BArabai, dr Dessy Zuanita Lestari.

Sugiyanto menjelaskan, kewajiban melayani pasien luar wilayah selama libur lebaran juga berlaku bagi non puskesmas, atau dokter keluarga atau klinik pratama yang membuka praktek pelayanan kesehatan pada hari libur.

Namun jika dokter keluarga atau klinik pratama tutup, peserta yang butuh pelayanan bisa langsung ke IGD rumah sakit untuk mendapat pelayanan dasar.
“Dalam kondisi kegawatdarurtan, seluruh FKTP sampai tingkat lanjutan (rumah sakit) wajib memberikan penanganan, selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan berlaku.

Tindakan medisnya, berdasarkan indikasi medis yang jelas berdasarkan hasil pemeriksaan dokter akan dijamin dan dilayani . Untuk itu pihak penyedia fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik biaya dari peserta,”tandas Sugiyanto.

Sementara itu, untuk mengecek iuaran peserta dapat dilakukan melalui aplikasi Mobline JKN. Di aplikasi tersebut peserta juga bisa mengecek daftar fasilitas kesehatan terdekat yang bisa dikunjungi saat dibutuhkan.

“Kami juga telah meluncurkan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan, Info BPJS, Tips Kesehatan, loksi penting serta medsos BPJS Kesehatan,”jelas Sugiyanto.

Selama libur lebaran, masyarakat tetap bisa menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 yang beroperasi 24 jam, meski hari libur.

Layanan tersebut bisa digunakan untuk memperoleh informasi, melakukan pengaduan, konsulatsi kesehatan, pelayana administrasi, (mutasi dan aktivasi)mendaftar hingga pendaftaran bagi bayi baru lahir kategori PPU anak prtama sampai anak ketiga serta bayi peserta PBI-APBN juga bisa mengetahui perhitungan denda pelayanan. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help