Berita Balangan

Sering Banjir, Trans Lajar Papuyuan Lampihong Jadi Desa Tangguh Bencana, Ini Tujuannya

Berbagai upaya untuk menyelesaikan persoalan bencana seperti banjir di Trans Lajar Papuyuan, Kecamatan Lampihong,

Sering Banjir, Trans Lajar Papuyuan Lampihong Jadi Desa Tangguh Bencana, Ini Tujuannya
banjarmasinpost.co.id/elhami
Banjir di Desa Trans Lajar Papuyuan, Lampihong Balangan, warga dan pelajar terpaksa harus menuntun kendaraan agar tidak tercebur. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Berbagai upaya untuk menyelesaikan persoalan bencana seperti banjir di Trans Lajar Papuyuan, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan, terus diperjuangkan.

Sebelumnya, keinginan warga untuk dibuatkan saluran air sepertinya batal dilaksanakan, pasalnya ada solusi baru yang akan dijalankan oleh pemerintah.

Tepat pada tanggal 20 April 2018 Trans Lajar Papuyuan ditetapkan sebagai Desa Tangguh Bencana oleh pemerintah provinsi.

Saat dikonfirmasi banjarmasinpost.co.id Ketua Relawan Desa Tangguh Bencana Patriot Desa Trans Lajar Papuyuan, Aud Tahyuddin, membenarkan penetapan status tersebut.

Baca: Head to Head dan Prediksi Skor Persipura vs PSM Makassar Pekan 12 Liga 1 Live Indosiar Malam Ini

Baca: Jadwal Lengkap! Siaran Langsung (Live) Piala Dunia 2018 Rusia di Trans7, Trans TV dan Transvision

Menurutnya, dengan adanya status tersebut merupakan angin segar bagi masyarakat Desa Trans Lajar Papuyuan, terutama untuk menyelesaikan persoalan yang selama ini dihadapi.

"Tujuan adanya penetapan ini adalah bagaimana mengubah bencana menjadi anugerah," ujarnya.

Oleh karena itu ia mewakili warga sangat optimis peluang untuk menyelesaikan persoalan bencana yang sering dihadapi yaitu banjir akan terselesaikan.

Lebih lanjut menurutnya, pengerjaan proyek saluran kemarin tidak memungkinkan lagi, selain sudah melampaui batas target juga dananya ditarik.

"Adanya status ini sangat berpeluang, apalagi di Kalsel hanya empat desa ditetapkan, nah salah satunya Balangan yaitu Desa Trans Lajar Papuyuan ini, sehingga untuk anggaran bisa mudah dikucurkan," jelasnya.

Dalam program Desa Tangguh Bencana ini selain fokus menyelesaikan persoalan bencana seperti banjir juga ada penanganan sosial ekonomi masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Elhami
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved