Saraba Kawa

Warga Anstusias Saksikan Lomba Talintingan, Tradisi dari Bagarakan Sahur

Lomba talintingan yang dilaksanakan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tabalong ini berlangsung dari Minggu (3/6/2018) malam.

Warga Anstusias Saksikan Lomba Talintingan, Tradisi dari Bagarakan Sahur
Diskominfo Tabalong
Masyarakat memadati Taman Giat Kota Tanjung untuk melihat aksi peserta Lomba Talintingan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG -Taman Giat Kota Tanjung dan sekitarnya dipadati ratusan warga Tabalong. Mereka antusias untuk menyaksikan Lomba Talintingan.

Lomba yang dilaksanakan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tabalong ini berlangsung dari Minggu (3/6/2018) malam.

Kabid Kebudayaan (Disdik) Kabupaten Tabalong, mengatakan, terdapat 40 kelompok atau komunitas se Tabalong yang ikut berpartisipasi dalam lomba Talintingan ini.

Dalam lomba ini peserta akan menampilkan keahlian menciptakan irama lagu yang menarik dengan menggunakan barang-barang bekas seperti galon, jeriken, bak sampah, gear sepeda dan lainnya.

Hamidah Munawarah, Asisten perekonomian dan pembangunan yang mewakili Plt Bupati Tabalong, menabuh gendang bersama pejabat lain saat membuka lomba talinting.
Hamidah Munawarah, Asisten perekonomian dan pembangunan yang mewakili Plt Bupati Tabalong, menabuh gendang bersama pejabat lain saat membuka lomba talinting. (Diskominfo Tabalong)

“Mereka menampilkan aksinya terlebih dahulu selama tiga menit di hadapan dewan juri, lalu mulai berparade mengelilingi taman giat kota tanjung menuju lampu merah sulingan dan kembali taman giat,” jelasnya.

Lomba Talinting ini adalah bentuk upaya yang dilakukan Disdik Tabalong dalam melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai sosial budaya islami.

Peserta lomba mempelihatkan kebolehannya.
Peserta lomba mempelihatkan kebolehannya. (Diskominfo Tabalong)

“Selain itu bertujuan untuk memcu kretivitas masyarakat dalam mengapresiasi seni ataupun budaya lokal religius ataupun simbol-simbol yang mencerminkan budaya islami,” katanya.

Sementara itu, Hamidah Munawarah, Asisten perekonomian dan pembangunan yang mewakili Plt Bupati Tabalong, menyambut baik dengan pelaksanaan loma talinting ini.

"Sangat mengapresiasi dengan kegiatan kebudayaan Islami. Marilah kita semarakan syi’ar Islami ini dengan tertib," katanya. (aol)

Penulis: Dony Usman
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help