Berita Nasional

Bebani APBD Triliun Rupiah, Kemendagri Minta Pemda Antisipasi Pengangkatan Tenaga Honorer

Untuk menghindari pembebanan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dalam pengangkatan tenaga honorer (K-2) menjadi PNS.

Bebani APBD Triliun Rupiah, Kemendagri Minta Pemda Antisipasi Pengangkatan Tenaga Honorer
banjarmasinpost.co.id/pramita
Pelamar tenaga honorer Satpol PP mendatangi Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA -Untuk menghindari pembebanan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dalam pengangkatan tenaga honorer (K-2) menjadi pegawai negeri sipil (PNS), Kemendagri meminta pemerintah daerah melakukan antisipasi.

"Kami kawal betul, jangan sampai ada pembebanan anggaran untuk penambahan tenaga pegawai honorer," ujar Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri Syarifudin di Gedung Parlemen, Senin (4/6/2018).

Syarifudin mengungkapkan, pihaknya menyadari, ketika berkaitan dengan pengangkatan tenaga honorer menjadi PNS, maka akan menimbulkan beban pada APBD. Ini terjadi apabila pengangkatan tenaga honorer terjadi di daerah. "Ketika bicara pegawai daerah, pembebanan anggaran melalui APBD," kata dia.

Kemendagri, imbuh Syarifudin, setiap tahun mengimbau kepada pemda untuk mengantisipasi pengangkatan tenaga honorer menjadi PNS tidak membebani APBD. Oleh karena itu, penyusunan APBD pun harus dilakukan secara cermat dan mempertimbangkan hal tersebut pula.

Baca: 20 Contoh Ucapan Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2018 dalam Bahasa Inggris dan Indonesia

"Kemendagri setiap tahun di dalam penyusunan APBD selalu mencantumkan agar daerah mengantisipasi pengangkatan pegawai, sehingga tidak kesulitan dalam penyediaan anggaran," tutur Syarifudin.

Ia mengungkapkan, pihaknya pernah melakukan simulasi penghitungan apabila setiap tahun ada 209.000 orang tenaga honorer yang diangkat menjadi PNS, maka akan membebani APBD sebesar Rp 8,4 triliun pada tahun anggaran berjalan.

Adapun total APBD provinsi dan kabupaten dan kota pada tahun 2018 mencapai Rp 1.100 triliun pada tahun 2018. Dari angka tersebut, sekitar 40 persen atau Rp 440 triliun digunakan untuk belanja pegawai.

Penulis : Sakina Rakhma Diah Setiawan/KOMPAS)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemendagri Minta Pemda Antisipasi Pengangkatan Tenaga Honorer",


Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help