Ramadhan Zaman Now

Penuhi Kebutuhan Vitamin C Dalam Menjalankan Puasa, Ini Manfaatnya

Vitamin C sangat baik untuk tubuh selama berpuasa. Namun mengingat puasa terdapat dua pola makan utama, dikhawatirkan

Penuhi Kebutuhan Vitamin C Dalam Menjalankan Puasa, Ini Manfaatnya
Wahyu Hardi Prasetiyo SSTG MPH RD 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Vitamin C sangat baik untuk tubuh selama berpuasa. Namun mengingat puasa terdapat dua pola makan utama, dikhawatirkan konsumsi sumber vitamin C tidak terpenuhi, mengingat varian makanan di bulan puasa sangat banyak.

Wahyu Hardi Prasetiyo SSTG MPH RD, menjelaskan, vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh juga merupakan salah satu sumber zat gizi mikro yang sangat penting, karena fungsi utamanya yaitu memperbaiki dan memicu pertumbuhan beragam sel dan jaringan di dalam tubuh.

"Mengingat seluruh anggota tubuh kita mulai dari tulang, jantung, darah, sampai rambut terdiri dari sel dan jaringan, vitamin C berperan besar dalam menjalankan fungsi tubuh kita. Selain merawat sel dan jaringan dalam tubuh, juga memiliki peran penting lainnya," ujarnya.

Baca: Jadwal Lengkap! Siaran Langsung (Live) Piala Dunia 2018 Rusia di Trans7, Trans TV dan Transvision

Baca: Heboh! Via Vallen Bocorkan Chat Pribadi Dilecehkan Pesepakbola Top, Netizen Menduga Marko Simic

Baca: 2 Link PSMS Medan Vs Persib Bandung Malam Ini: Prediksi Susunan Pemain PSMS 3:3:4, Persib 2:4:4

Vitamin C juga kaya antioksidan yang mampu melawan radikal bebas yaitu zat yang dapat menyebabkan penyakit, penuaan dini, serta kerusakan organ tubuh.

Di bulan puasa ini tubuh kita akan mengalami berbagai macam perubahan untuk menyesuaikan diri dengan pola makan baru yang tidak seimbang selama berpuasa.

Akibatnya, Anda mungkin merasa lemas atau malah mudah sakit. Inilah mengapa Anda perlu memperhatikan dan membutuhkan Vitamin C agar tubuh tetap sehat dan sel-sel imun dapat melawan virus atau bakteri penyebab penyakit.

Tetapi ketika kita menjalankan puasa sel-sel imun kita mungkin sedang berusaha mengikuti perubahan jam biologis tubuh. Misalnya, karena di bulan puasa Anda harus bangun lebih pagi dari biasanya dan tubuh tidak kemasukan asupan gizi apapun selama 14 jam. Sistem imun pun melemah sehingga kita lebih rentan terserang penyakit.

Sejumlah penelitian juga telah membuktikan bahwa mencukupi kebutuhan Vitamin C harian kita mampu mempercepat proses penyembuhan dari penyakit.

Dengan memperhatikankonsumsi sumber Vitamin C, sistem metabolisme akan lebih cepat beradaptasi terhadap perubahan pola makan selama berpuasa. Kita pun akan merasa lebih segar dan bertenaga saat menjalani ibadah puasa.

Manfaat vitamin C saat berpuasa tidak kalah pentingnya meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Pasalnya, Vitamin C mampu menjaga fungsi beragam sel dan jaringan dalam otak.

Halaman
12
Penulis: Salmah
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help