Berita Banjarbaru

Wah, Sudah Ada 493 WNA Dapat Izin Tinggal di Kalsel

Keimigrasian Kalsel mencatat hingga 31 Mei 2018 telah memberikan Izin tinggal kepada sebanyak 493 WNA

Wah, Sudah Ada 493 WNA Dapat Izin Tinggal di Kalsel
Banjarmasinpost.co.id/Nia Kurniawan
Kakanim Banjarmasin dan Kadiv Imigrasi Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Keimigrasian Kalsel mencatat hingga 31 Mei 2018 telah memberikan Izin tinggal kepada sebanyak 493 WNA (Warga Negara Asing).

Data tersebut didapat Dodi Karnida Kepala Divisi Keimigrasian Kalimantan Selatan dari laporan Eko Pratomo Kepala Seksi Informasi dan Sarana Komunikasi (INSARKOM) Kanim Kelas 1 Banjarmasin dan Ma’mum Kasi Insarkom Kanim Kelas 2 Batulicin.

Di Kanim Banjarmasin misalnya, Izin Tinggal Kunjungan (ITK) maksimal 180 hari = 69, biasanya untuk kunjungan bisnis atau kunjungan social/kunjungan keluarga.

Baca: Live Indosiar! Link Live Streaming PSMS vs Persib via Streaming Indosiar, Liga 1 2018 Malam Ini

Lalu, Izin Kunjungan Sementara (ITAS) maksimum 1 tahun = 318, biasanya dimiliki orang asing untuk bekerja, sekolah, penyatuan dengan pasangan atau orang tua atau anak, rohaniawan.

Izin Tinggal Tetap (TETAP) berlaku seumur hidup tetapi harus melaporkan diri setiap 5 tahun = 3 orang. Biasanya dimiliki oleh pasangan dalam rangka penyatuan keluarga atau oleh investor yang bermodal besar.

Kemudahan Khusus Keimigrasian (DAHSUSKIM) = 6 orang yaitu bagi mereka yang bekerja di atas perairan misalnya tenaga ahli pengeboran minyak, pelaku bisnis perikanan dan lainnya. DAHSUSKIM ini juga biasa disebut sebagai ITAS Perairan maksimal 1 tahun.

Dari data pengeluaran paspor di Kanim Banjarmasin terlihat bahwa pengeluaran Paspor bulan Mei sangat kecil jumlahnya yaitu sebanyak 1.499 saja karena bulan-bulan sebelumnya biasa lebih dari 2.000 sedangkan di ULP Barabai justru pada bulan Mei kemarin terdapat permohonan yang tinggi sebanayak 374 padahal di luar pelayanan paspor haji biasanya hanya diterbitkan paling banyak 2108 paspor setiap bulan. (banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved