Ramadhan Zaman Now

Warga Tanahlaut Diimbau Berzakat Lewat UPZ Baznas

Warga Kabupaten Tanahlaut diimbau saat menyalurkan zakat fitrahnya sebaiknya melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ).

Warga Tanahlaut Diimbau Berzakat Lewat UPZ Baznas
Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid
Seorang petugas Baznas Tanahlaut mengangkut 100 paket bantuan Baznas Provinsi Kalsel yang tiba di sekretariat Baznas Kabupaten Tanahlaut, Selasa (5/6/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Warga Kabupaten Tanahlaut diimbau saat menyalurkan zakat fitrahnya sebaiknya melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ).

UPZ ini adalah amil zakat yang mendapatkan surat keputusan dari Badan Ambil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tanahlaut.

Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Kabupaten Tanahlaut, H Hasan Basri mengatakan sosialiasi UPZ sejak 2017 lalu.

Menurut Hasan Basri, zakat yang dikelola amil zakat yang tidak mendapatkan surat keputusan dari Baznas tergolong sadaqah bukan zakat.

Baca: Live Indosiar! Link Live Streaming PSMS vs Persib via Streaming Indosiar, Liga 1 2018 Malam Ini

"Masyarakat rugi mau berzakat tetapi tidak sah karena bukan di UPZ Baznas sehingga hanya sadaqah," katanya, Selasa (5/6/2018).

Keberadaan Baznas adalah menghimpun semua potensi zakat infak dan sadaqah dalam suatu lembaga dibentuk oleh Pemerintah pusat.

Baca: Jadwal Buka Puasa Hari Ini 20 Ramadhan, Selasa 5 Juni 2018 di Jakarta, Bandung, Surabaya, Lainnya

Baca: Bekerja Sambil Ibadah Puasa? Ternyata Bisa Lebih Fokus dan Khusyuk Menjalani

Jika di tingkat pusat pengurusnya disetujui Presiden, di tingkat Provinsi oleh Gubernur Kalsel dan di Kabupaten di SK kan oleh Bupati Tanahlaut.

Baznas Kabupaten Tanahlaut diakui Hasan Basri belum melakukan penelusuran dan penertiban amil zakat yang tidak resmi.

Pengelola zakat merupakan kewenangan Pemerintah agar pemerataan diatribusi dan pendayagunaan potensi zakat maksimal. (Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help