Berita Banjarmasin

227 Ormas Tercatat di Kesbangpol, HTI Sudah Tidak Masuk Daftar

tak ada Ormas yang dicoret atau masuk blacklist dari daftar ormas lima tahun ini, kecuali HTI yang memang dari pusat dibubarkan.

227 Ormas Tercatat di Kesbangpol, HTI Sudah Tidak Masuk Daftar
Hasby
Aksi solidaritas HTI Kalsel

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Sampai kini tercatat ada 227 Ormas yang aktif dan terdaftar di Badan Kesbangpol Provinsi Kalimantan Selatan.

Sejak lima tahun terakhir tak ada pengurangan dan penambahan ormas.

Kepala Kesbangpol Provinsi Kalimantan Selatan, Taufiq Sugiono, Rabu (6/6/2018) mengatakan, tak ada Ormas yang dicoret atau masuk blacklist dari daftar ormas lima tahun ini, kecuali HTI yang memang dari pusat dibubarkan.

Selama ini sebutnya, ormas di Kalsel cukup aktif menyampaikan toleransi dan kepancasilaan. Terbukti hingga kini Kalsel masih aman.

Namun ia meminta agar ormas di Kalsel bisa tetap dan lebih aktif dalam menyuarakan paham Pancasila ke masyarakat.

Terlebih Indonesia kini yang sedang diserang paham radikal diharapkannya melalui Ormas dapat menangkal paham radikal masuk ke masyarakat.

Meski begitu ia mengatakan Pemprov Kalsel bersama jajaran juga tetap waspada terhadap ancaman yang bisa saja terjadi di masyarakat. Seperti halnya adanya isu JAD di Kalsel.

"Informasinya ada memang JAD, tapi kita belum mendapati fakta itu, selaku penyelenggara pemerintahan kita tetap membangun kewaspadaan," tambahnya kepada Banjarmasinpost.co.id, Rabu (06/06/2018).

Selama ini sebutnya yang terpantau adanya mantan napi terorisme di Kalsel yang tersebar di beberapa daerah di Kalsel.

"Mereka juga sekarang dalam pantauan kita dan dalam pembinaan agar mereka bisa menbaur dan tak terjerumus kembali dalam terorisme," sebutnya. (Banjarmasinpost.co.id /milna sari)

Penulis: Milna Sari
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved