Berita Kotabaru

Konstruksi Pelabuhan Panjang Tidak Layak, Suriansyah Takut Mendadak Ambruk

Sudah sepekan lebih kegiatan bongkar muat di pelabuhan panjang Kotabaru terganggu. Khusus pekerjaan ingin

Konstruksi Pelabuhan Panjang Tidak Layak, Suriansyah Takut Mendadak Ambruk
Banjarmasinpost.co.id/Helriasyah
Tanda larangan dipasang karena lantai pelabuhan ambles. Akibanya kegiatan bongkar muat terganggu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Sudah sepekan lebih kegiatan bongkar muat di pelabuhan panjang Kotabaru terganggu. Khusus pekerjaan ingin melakukan kegiatan di ujung pelabuhan atau lokasi sandar kapal berkapasitas besar.

Pengamatan di lapangan, tidak diperbolehkan kegiatan bongkar muat di ujung pelabuhan rakyat itu setelah adanya tanda larangan di pasang PT Pelindo III selaku pengelola.

Pemasangan tanda larangan melakukan aktivitas di area 'terlarang', menyusul rusaknya kontruksi bangunan bawah jembatan sehingga mengakibatkan lantai atas dicor betonisasi ambles dan miring.

Baca: Ngeri, Ban Moge Ini Sampai Lepas Usai Tabrak Matik Scoopy, Begini Nasib Pengendara

Akibat amblesnya lantai jembatan, aktivitas bongkar muat barang kapal antarpulau yang terganggu terpaksa di pindahkan ke lokasi di sekitar yang masih digunakan.

Suriansyah, salah seorang buruh kerap melakukan aktivitas di pelabuhan panjang mengakui, sudah sepekan lebih lantas pelabuhan di ujung pelabuhan ambles.

Diakui Suriansyah, ambles lantai pelabuhan karena kontruksi tiang bawah pelabuhan patah karena termakan usia.

"Tapi berapa hari lalu sempat dibuka, waktu ada kapal barang dari Surabaya sandar," ujar Suriansyah kepada banjarmasinpost.co.id, Rabu (6/6/2018).

Suriansya menilai kontruksi bagian bawah pelabuhan jauh dari layak. Ditambah lagi beban berat, karena lantai atas sebelumnya hanya ulin kini dilapis dengan cor beton.

"Jauh dari layak. Harusnya memang waktunya direhab total," ujarnya.

Baca: Jadwal Buka Puasa Hari Ini 21 Ramadhan, Rabu 6 Juni 2018 di Jakarta, Surabaya, Bandung, lainnya

Karena dikhawatirkan lantai jembatan mendadak ambruk. Apalagi setiap hari aktivitas masyarakat di pelabuhan padat.

Humas PT Pelindo III Kotabaru Ludik Hasibuan, membenarkan amblesnya lantai pelabuhan di bagian ujung karena tiang bawah jembatan keropos.

Menurut Ludik, terkait amblesnya lantai, tahun ini pihaknya sudah menganggarkan untuk perbaikan.

"Perbaikan dilakukan secara bertahap rencananya oleh kantor pusat. Rencana tiang pelabuhan menggunakan tiang beton," katanya.

Sebelumnya diakuo Ludik, kerusakan terjadi persis di depan kantor kesehatan pelabuhan. "Sudah diperbaiki. Dan, rencananya diperbaiki sampai ke depan kantor Satpol Air. Berhubung lantai di ujung ambles mungkin berubah lagi," tandasnya. (BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help