Ekonomi dan Bisnis

Menghias Mahar, Bisns Mengisi Waktu Luang, Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

Jasa hias mahar merupakan usaha yang dapat meraup banyak keuntungan. Ya, selagi ada orang menikah, pasti mahar diperlukan.

Menghias Mahar, Bisns Mengisi Waktu Luang, Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga
banjarmasinpost.co.id/airul syahrif
Jasa rias mahar pengantin di Jalan Veteran Sungai Bilu Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Jasa hias mahar merupakan usaha yang dapat meraup banyak keuntungan.  Ya, selagi ada orang menikah, pasti mahar diperlukan.

Mahar dapat dihias dengan berbagai macam bentuk. Sejumlah uang dibentuk dan disusun di dalam bingkai yang menarik.

Hal ini sebagaimana yang dilakukan oleh Novi (25). Dia adalah ibu rumah tangga dengan satu orang anak. Untuk mengisi waktu luang, dirinya bekerja membuat hiasan mahar.

"Ini sampingan saja sih mengerjakannya, selain jadi ibu rumah tangga, ngurus anak. Paling, biasanya itu ngerjakannya pas malam hari. Selesainya bisa sekitar dua mingguan. Makanya orang kalo mesan itu biasanya satu bulan sebelum dipakai," kata Novi saat di temu BPost, di tokonya, Jl Veteran Sungai Bilu, Rt 29, Banjarmasin, Rabu (6/6/2018) siang.

Baca: LIVE STREAMING Indosiar PSIS Semarang vs Borneo FC Liga 1 Pekan 13 : Link Live Streaming Vidio.com

Harga yang dipatok Novi cukup beragam untuk satu set maharnya. Mulai dari Rp 350.000 untuk satu mahar. Tergantung ukuran bingkai dan isi maharnya.

Setiap bulannya Novi tak pernah sepi pesanan. Dia menuturkan pasti ada saja orang mesan setiap bulannya. Bahkan Novi bisa dapat pesanan enam hiasan mahar dalam sebulan. Itu bisa terjadi saat musim-musim nikah.

Bulan-bulan yang ramai pemesan biasanya bulan Ramadhan, Syawal, dan Rajab.

Usaha yang dilakoni Novi ini baru berjalan sekitar satu tahun. Namun dirinya sudah mampu menjangkau pelanggan hingga ke Kotabaru.

Novi memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk promosi. Seperti instagram, facebook, dan whatsapp.

Baca: Jadwal Buka Puasa Hari Ini 21 Ramadhan, Rabu 6 Juni 2018 di Jakarta, Surabaya, Bandung, lainnya

Melalui media online, Novi tak lagi sulit untuk menawarkan produknya. Dia tinggal mengarahkan pelanggannya untuk menelusuri akun instagram miliknya untuk melihat hasil karyanya.

Hal yang sulit dalam pengerjaan usaha ini yaitu ketelitian dan kesabaran. Ya memang harus sabar dan terampil untuk merangkai lembaran uang kertas. Belum lagi harus menyusun dan membentuk seperti yang diinginkan pelanggan.

Keuntungan bersih yang diperoleh Novi sudah lumayan untuk usaha sampingan.

"Keuntungannya sih ya relatif. Misalkan sebulan ada enam pesanan dikalikan Rp 150.000 atau Rp 200.000 upah bersihnya. Ya, selama masih ada orang yang nikah, pasti memerlukan mahar," tutup Novi. (banjarmasinpost.co.id/airul syahrif)

Penulis: Airul Syahrif
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help