Peraih Nilai USBN SD Tertinggi

Sekolah Kaget Noufal Raih Nilai 100 Matematika USBN se-Kota Banjarmasin

Selain Luna dan Nadia, terbaik kedua tingkat kota Banjarmasin diraih Muhammad Naufal Rahman, murid SDN Belitung Utara 2.

Sekolah Kaget Noufal Raih Nilai 100 Matematika USBN se-Kota Banjarmasin
Halaman 1 Banjarmasinpost Edisi Rabu (5/6/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Selain Luna dan Nadia, terbaik kedua tingkat kota Banjarmasin diraih Muhammad Naufal Rahman, murid SDN Belitung Utara 2.

Menurut Ernawati, kepala SDN Belitung Utara 2, Noufal wajar meraih nilai terbaik karena anak itu memang cerdas di luar dari kebiasaan anak.

"Kami di sekolah juga kaget, anaknya dapat nilai 100 untuk mata pelajaran matematika. Ini suatu kebanggaan buat sekolah kami, tadinya tidak pernah menyangka," ujarnya.

Sementara itu, Nuryadi, Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, menjelaskan bahwa nilai USBN tingkat sekolah dasar turun dibandingkan tahun lalu.

Baca: Dini Yulia Peraih Nilai Terbaik USBN SD Se-Kota Banjarmasin Tak Pernah Ketinggalan Sholat

Disebutkan dia, titik lemah masih pada mata pelajaran matematika dan IPA. "Rata-rata siswa menilai soal lebih sulit meski itu tidak terlalu signifikan. Adanya 25 persen soal esai sesuai petunjuk Kemendikbud sehingga membuat siswa cukup sulit menjawab, karena belum terbiasa,” jelasnya.

Nuryadi berujar, bagi siswa SD berprestasi dalam USBN dengan nilai 17 atau rata-rata sembilan akan mendapatkan penghargaan masuk jalur undangan, yakni Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) offline.

"Ada sekitar 32 siswa berprestasi di USBN akan mencari sekolah lewat jalur undangan dinas pendidikan Kota Banjarmasin atau PPDB offline," bebernya.

Baca: Berkat Bimbingan Ortu, Luna Shofa Azzura Raih Nilai Tertinggi Keempat Kota Banjarmasin

Kata dia, Disdik kota akan mengundang nilai-nilai tertinggi dalam USBN untuk masuk dalam jalur undangan untuk mencari SMPN. Langkah itu, sebut dia, merupakan kemajuan dalam penerimaan siswa baru tahun 2018.

"Jadi pemilik nilai 27 atau rata-rata sembilan bebas zonsi dalam PPBD SMPN," imbuhnya.

Untuk penempatan siswa berprestasi, lanjut dia, ada tiga pilihan sekolah. Jika pilihan sekolah pertama penuh, maka akan diarahkan ke pilihan sekolah kedua. Jika pilihan kedua penuh, maka siswa akan diarahkan ke sekolah pilihan ketiga.

"Ada tiga pilihan sekolah yang bisa dipilih siswa berprestasi di USBN ini. Dan siswa ini bebas dari sistem zonasi. Ini merupakan penghargaan khusus dari dinas pendidikan Kota Banjarmasin," katanya. (lis/ogi)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help