Serbuan Gepeng Saat Ramadhan

Ini Alasan Pengemis Asal Amuntai Datang Mengadu Nasib di Kota Banjarmasin Selama Ramadhan

Rudian, misalnya yang mengaku datang dari orang Amuntai, sengaja mencari uang dengan cara mengemis di Kota Banjarmasin.

Ini Alasan Pengemis Asal Amuntai Datang Mengadu Nasib di Kota Banjarmasin Selama Ramadhan
Halaman 1 Harian Banjarmasin Post Edisi Kamis (7/6/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Dengan menyorongkan mangkok plastik bekas wadah sabun, Sahraniah mengais rupiah dari belas kasihan orang untuk memenuhi kebutuhan pokok dirinya di Jembatan Antasari Kota Banjarmasin, Rabu (6/6/2018) siang.

Perempuan ini tidak sendiri, beberapa orang dengan berpakaian lusuh juga nongkrong di lokasi tersebut. Mereka pun mencari berkah dari pengedara mobil atau motor yang mau bersedekah.

"Namanya orang tidak punya, mau bagaimana lagi," tutur wanita yang mengaku dari Kelayan Banjarmasin Selatan, Banjarmasin, itu polos.

Ya, selama Bulan Ramadhan, ratusan pengemis atau gepeng musiman berdatangan mengadu nasib mencari rezeki dengan menadahkan tangan kepada warga yang melintas di Kota Banjarmasin. Selain yang duduk menunggu ada juga kawanan pengemis yang berkeliling ke rumah-rumah warga.

Rudian, misalnya yang mengaku datang dari orang Amuntai, sengaja mencari uang dengan cara mengemis di Kota Banjarmasin. Dia bahkan sengaja nyewa rumah bedakan di Banjarmasin.

Baca: Rudian Datang Jauh dari Amuntai Nekat Sewa Bedakan untuk Mengemis di Kota Banjarmasin

"Lapangan kerjan di kampung tidak ada, saya pun ke Banjarmasin mencari rezeki dengan cara mengemis,” aku lelaki yang mengaku baru seminggu di Banjarmasin.

Rudian sengaja tidak menyorongkan mangkok plastik ke arah orang-orang melintas. Dia hanya berdiri atau duduk pasif menunggu belas kasihan orang.

Cara pakaian yang yang lusuh dengan sendal jepit dan duduk berlesehan di trotoar, bisa membuat iba pengguna jalan dan perhatian pengendara yang melihat. Saat itu lah Rudiani mengharapkan belas asih dari pengedara.

"Hari ini saya tidak dapat apa apa," tuturnya.

Baca: Sidang Putusan PT Sebuku Group vs Gubernur Kalsel, Polisi Turunkan Water Cannon dan Anjing Pelacak

Di malam ganjil di bulan Ramadan, dia berharap bisa meraup rezeki cukup banyak untuk dibelikan beras dan pekaian.

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help