Berita Tanahlaut

KPU Telusuri DPT Ganda, Antisipasi Satu Undangan Satu Pemilih Jelang Pilkada Tala

Menurut Kamaruzzaman pihaknya akan menelusuri temuan DPT ganda itu melalui sistem informasi daftar pemilih atau Sidalih.

KPU Telusuri DPT Ganda, Antisipasi Satu Undangan Satu Pemilih Jelang Pilkada Tala
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Kamaruzzaman, Ketua KPU Kabupaten Tanahlaut 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanahlaut melakukan penelusuran terkait temuan adanya daftar pemilih tetap (DPT) yang ganda di 11 Kecamatan.

Itu dikatakan Ketua KPU Kabupaten Tanahlaut, Kamaruzaman dikonfirmasi reporter Banjarmasinpost.co.id, di Kantor KPU Kabupaten Tanahlaut, Kamis (7/6/2018).

Menurut Kamaruzzaman pihaknya akan menelusuri temuan DPT ganda itu melalui sistem informasi daftar pemilih atau Sidalih.

"Setelah dicek melalui data Sidalih akan diverifikasi ke alamat tersebut. Jika memang ganda akan kita pastikan hanya satu saja yang mendapatkan model C atau undangan memilih," katanya.

Baca: Pesbukers Kena Tegur Lagi, Kali ini MUI Minta Tayangannya Dihentikan Bersama 4 Program Televisi Lain

Undangan memilih itu akan disebar satu pekan sebelum dimulainya waktu pencoblosan. KPPS nantinya yang akan membagikan undangan memilih tersebut.

"Kami pastikan satu undangan satu pemilih dan dipastikan satu orang tidak akan memilih dua kali. Surat undangan itu sesuai jumlah DPT dikurangi temuan data ganda. Itu jika hasil pengecekan memang ganda.

Surat undangan akan dikembalikan jika pemilih yang terdaftar tidak ada ditempat atau tidak ditemukan," katanya.

Anggota KPU Kabupaten Tanahlaut, Tri Widoyati yang membidangi data pemilih mengatakan setiap pemilih yang akan menerima surat undangan.

Baca: Bukan Ayu Ting Ting, Pesbukers Diminta MUI Stop Tayang Karena Dewi Perssik, Ini Penjelasan MUI

Surat undangan itu hanya diberikan petugas KPPS saat bertemu langsung. Jika mendekati satu hari jelang pemungutan suara, pemilih yang diminta mendatangi KPPS.

"Surat undangan itu dikembalikan KPPS jika pemilihnya tidak ditemukan," katanya. (Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help