Ramadhan Zaman Now

Luar Biasa! Selain Enak untuk Berbuka Puasa, Kurma Bisa Memperlancar Aliran Darah

Buah yang berasal dari jazirah Arab ini menjadi makanan yang digemari saat Ramadhan. Rasanya yang manis

Luar Biasa! Selain Enak untuk Berbuka Puasa, Kurma Bisa Memperlancar Aliran Darah
banjarmasinpost.co.id/antara
Pedagang kurma di bulan Ramadan 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Buah yang berasal dari jazirah Arab ini menjadi makanan yang digemari saat Ramadhan. Rasanya yang manis sangat cocok disantap saat berbuka puasa maupun sahur.

Kurma adalah makanan yang dianjurkan dan disukai Rasulullah. Tak salah memang, karena secara kesehatan ada beberapa manfaat yang terkandung dalam kurma yaitu memperlancar aliran darah.

Fitri Anna SKM RD Gizi, Kepala Instalasi Gizi Rumah Sakit Ansyari Saleh Banjarmasin, menjelaskan, berpuasa kadang membuat aliran darah sedikit tersumbat karena berkurangnya asupan darah, sebab kurma mengandung vitamin A, B2, B12.

"Kurma memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi yaitu selenium, mangan, tembaga dan magnesium. Zat-zat tersebut memiliki kegunaan untuk memperkuat tulang," jelasnya.

Baca: LIVE STREAMING O Channel Bhayangkara FC vs Madura United Liga 1 2018 - Link Live Streaming Ochannel

Kurma mudah dicerna. Hal ini tepat dikonsumsi saat buka puasa karena organ pencernaan khususnya lambung membutuhkan makanan lembut setelah sehari tidak makan.

"Juga mengandung gula dan air sehingga semakin mudah dicerna dan sampai ke darah. Kurma juga mengandung kalium untuk mengendalikan tekanan darah dan membantu kerja otot," terang Fitri.

Kurma kalorinya lebih tinggi dibanding buah kering lainnya. Tapi kandungan kaliumnya mampu menekan natrium atau garam berlebih penyebab hipertensi.

Kurma mengandung polyphenol tertinggi dibanding buah-buahan kering lainnya. Sebagai antioksidan, polyphenol berperan bagi kekebalan tubuh terhadap infeksi dan serangan penyakit.

Baca: Target Spesial Inyong Jelang Laga Barito Putera vs Sriwijaya Fc di Pekan 13 Liga 1 2018

Kurma mengandung potasium yang tinggi untuk mengendalikan tekanan darah, tetapi bagi mereka yang bertekanan darah tinggi, membersihkan karbon dioksida dalam darah serta memicu kerja otot dan simpul saraf. Potasium dalam kurma juga dapat membuat jantung lebih sehat karena dapat mengindarkan kita dari penyakit stroke dan jantung lemah.

Kurma mengandung zat tannin sebagai anti diare. Juga dapat digunakan sebagai obat flu, radang tenggorakan serta meningkatkan trombosit dalam darah bagi mereka yang terkena demam berdarah.

Halaman
12
Penulis: Salmah
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help