Berita Kotabaru

Masih Banyaknya Nelayan Cantrang, Wabup Burhanudin Sampaikan Aspirasi Nelayan ke KKP

Masih maraknya nelayan luar menggunakan cantrang beroperasi di perairan Kotabaru disikapi Wakil Bupati Kotabaru Ir Burhanudin.

Masih Banyaknya Nelayan Cantrang, Wabup Burhanudin Sampaikan Aspirasi Nelayan ke KKP
Ist
Wakil Bupati Kotabaru Ir H Burhanudin mendapat cindera mata dari Kementerian Kelautan Perikanan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID,KOTABARU - Keluhan nelayan lokal soal masih maraknya kapal luar berkapasitas besar menggunakan cantrang beroperasi di perairan Kotabaru disikapi Wakil Bupati Kotabaru Ir Burhanudin.

Menanggapi aspirasi masyarakat gabungan nelayan Kotabaru, Burhanudin pun mengadukan permasalahan itu ke Direktorat Jendral Pengawasan Sumber Daya Kelautan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan Perikanan, Kamis (7/6/2018).

Penyampaian keluhan masyarakat nelayan Kotabaru oleh Burhanudin, sekaligus menghadiri rapat koordinasi di Ditjen PSDKP Kementerian Kelautan Perikanan.

Menurut Burhanudin lagi, maraknya kapal menggunakan cantrang yang penetrasinya masuk wilayah Kabupaten Kotabaru. Ditengarai menjadi penyebab kerusakan alat tangkap dan mengganggu kawasan nelayan lokal.

Baca: PT Sebuku Menang di PTUN Banjarmasin, Sekda Kalsel: Kami Akan Banding ke PT TUN di Jakarta

"Isu ini harus cepat didiskusikan dan dicari solusinya, sehingga tidak menimbulkan dampak yang bisa merugikan khalayak banyak," kata Burhanudin.

Dikutip dari informasi Humas Setda Kotabaru. Terkait permasalahan itu, Kepala Satuan Pengawasan Wilayah SDKP Tarakan Akhmadon mengharapkan bisa mendapatkan kapal orcha.

Dengan harapan bisa memudahkan mereka melakukan patroli sampai ke wilayah pengaduan yang melingkupi tiga provinsi antara lain Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara.

Akhmadon mengakui, permasalahan tersebut sudah menjadi isu nasional yang harus mendapatkan perhatian penuh dari pemerintah pusat.

Baca: Gugatan PT Sebuku Sejaka Coal Putus! PTUN Batalkan Keputusan Gubernur Kalsel

Menanggapi hal itu Direktur Pengawasan Pengelolaan Sumber Daya Kelautan Eko Rudianto mengatakan, akan segera menindaklanjuti masalah ini dengan segera menggelar rapat internal yang akan dikoordinasikan lagi lebih lanjut.

Karena menurut Eko, isu masalah ini tidak hanya terjadi di wilayah Kotabaru. Tapi beberapa daerah lainnya di provinsi.

Terpisah, Eko mengucapkan rasa terima kasih dan mengapresiasi Pemerintah Kota Banjarmasin yang menghibahkan lahan untuk pembangunan kantor Satker PSDKP di Kota Banjarmasin.

(BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help