Serbuan Gepeng Saat Ramadhan

Mengejutkan, Jumlah Orang Telantar yang Dipulangkan dari Kalsel Meningkat Dua Kali Lipat

Kalsel menjadi daya tarik bagi orang luar untuk mengadu nasib. Terbukti, data orang erantauan tiap tahun semakin bertambah.

Mengejutkan, Jumlah Orang Telantar yang Dipulangkan dari Kalsel Meningkat Dua Kali Lipat
Halaman 1 Harian Banjarmasin Post Edisi Kamis (7/6/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kalsel menjadi daya tarik bagi orang luar untuk mengadu nasib. Terbukti, data orang perantauan tiap tahun semakin bertambah. Dari semua itu, ada yang diketahui hanya sekedar merantau lantaran ada keluarga, dan ada juga yang nekat mengadu nasib.

Suryadi, Kabid perlindungan dan jaminan Sosial Dinsos, membenarkan untuk orang terlantar yang dipulangkan ke daerah asal berlipat menjadi dua kali lipat dalam dua bulan terakhir.

“OT (orang terlantar) dari bulan Januari s/d 31 Mei 2018 berjumlah 101 orang yang telah kami pulangkan ke daerah asal dan paling banyak ke Jawa Timur,” ungkapnya.

Baca: Gugatan PT Sebuku Sejaka Coal Putus! PTUN Batalkan Keputusan Gubernur Kalsel

Dia menjelaskan pemberian prosedur dan persyaratan bagi kategori terlantar dimaksudkan untuk memperbaiki proses dan mekanisme pelayanan agar benar-benar selektif.

"Itu sudah ada Standar Operasionalnya (SOP) yang beberapa prosedur yang harus dilalui oleh mereka," katanya.

Pemberian batuan oleh dinas sosial tidak sebatas materi, namun juga bantuan yang mengusahakan pemulangan denga membelikan tiket kepada mereka.

Adapun sifat bantuan, sambung dia, diberikan kepada seseorang yang terlantar satu kali jalan.

"Misalkan mereka kemudian hari ditemukan kembali melakukan, kami tentu tidak akan melayaninya lagi," pungkas Suryadi. (lis)

Baca lebih lengkap di Harian Banjarmasin Post Edisi Rabu (7/6/2018)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help