Home »

Bisnis

» Makro

Ekonomi dan Bisnis

Geliat Industri Rotan Kalsel, Dibikin Tikar Hingga Kirim Produk Setengah Jadi Ke Cirebon

Pabrik-pabrik rotan juga banyak di kota seribu sangai ini. Rotan yang dihasilkan berupa bahan setengah jadi maupun barang jadi

Geliat Industri Rotan Kalsel, Dibikin Tikar Hingga Kirim Produk Setengah Jadi Ke Cirebon
Airul Syahrif
Rotan setengah jadi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Banjarmasin merupakan satu di antara sejumlah daerah penghasil rotan di Indonesia. Hasil alam yang melimpah ini menjadi mata pencaharian petani rotan di daerah pedalaman Kalsel.

Pabrik-pabrik rotan juga banyak di kota seribu sangai ini. Rotan yang dihasilkan berupa bahan setengah jadi maupun barang jadi seperti anyaman tikar maupun kursi.

Akhir-akhir ini, pabrik rotan mulai lesu. Hal ini dikarenakan terbitnya Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 35 Tahun 2011 yang melarang ekspor rotan mentah maupun setengah jadi ke luar negeri.

Baca: Kabar Duka, Istri Wagub Kalsel, Rosdiawati Dikabarkan Meninggal Dunia karena Sakit

Hasil rotan yang melimpah rupanya tak dibarengi dengan pengelolaan rotan itu sendiri. Masyarakat lokal Banjarmasin, tidak banyak yang dapat menyerap hasil rotan setengah jadi yang dihasilkan oleh pabrik-pabrik.

Baca: Transmart Duta Mall Resmi Dibuka, Pengunjung Pun Serbu Tempat Ini

Beberapa pabrik rotan saat ini sudah memproduksi bahan rotan mentah hingga barang jadi. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penumpukan rotan setengah jadi.

Rotan yang tidak terserap oleh masyarakat maka menjadi lapuk, jika lama ditumpuk di gudang.

Baca: Prediksi Skor Barito Putera vs Sriwijaya FC Malam Ini, Ibnu Sina Sebut Barito Menang 2-0

"Saat ini kami memproduksi rotan mulai barang mentah hingga barang jadi. Di sini rotan diolah menjadi tikar," kata satu di antara pegawai di pabrik, Jalan Keramat Basirih, Banjarmasin Selatan, Jumat (8/6/2018) pukul 11.00 Wita.

Di pabrik ini sendiri menyalurkan hasil olahannya ke daerah lokal Kalimantan Selatan saja.

"Untuk saat ini masih dijual ke daerah Kalsel aja. Ya seperti ke Tabalong, Tanahbumbu, Tanahlaut, dan daerah-daerah lain," ujar satu di antara pegawai pabrik kepada banjarmasinppst.co.id.

Di samping itu, ada juga pabrik rotan yang hanya memproduksi rotan setengah jadi. Satu di antaranya yaitu pabrik yang berada di Jalan Mantuil, Banjarmasin Selatan.

"Kalo penduduk lokal sih jarang yang beli rotan ini. Dulu ada, paling-paling untuk dijadikan anyaman keranjang. Untuk saat ini rotan setengah jadi ini kebanyakan kami kirim ke Cirebon," tutur pemilik pabrik rotan di Jl Mantuil, Banjarmasin, Jumat (8/6) pagi. (Banjarmasinpost.co.id/airul syahrif)

Penulis: Airul Syahrif
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help