Advertorial BNNK Banjarmasin

Jelang Puncak Arus Mudik, BNNK Kota Banjarmasin Lakukan Tes Urine Para Sopir Angkutan Penumpang

Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Banjarmasin melakukan tes urine para sopir angkutan antar kota dan antar provinsi, Jumat (8/6/2018) pagi.

Jelang Puncak Arus Mudik, BNNK Kota Banjarmasin Lakukan Tes Urine Para Sopir Angkutan Penumpang
banjarmasinpost.co.id/irfani rahman
jajaran Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Kota Banjarmasin melakukan tes urine para sopir angkutan antar kota dan antar provinsi, Jumat (8/6/2018) pagi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BANJARMASIN - Bertempat di halaman Terminal Induk Km 6 di Jalan A Yani Km 6, Banjarmasin, jajaran Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Banjarmasin melakukan tes urine para sopir angkutan antar kota dan antar provinsi, Jumat (8/6/2018) pagi.

Pada tes urine ini petugas BNNK Kota Banjarmasin juga diback up oleh Satuan Reserse Narkoba Polresta Banjarmasin dan juga Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin. Tes urine ini langsung dipimpin Plt Kepala BNN Kota Banjarmasin Kompol Muhammad Yusuf SH, MM dan juga terlihat Kasat Narkoba Kompol Herry Purwanto.

Sebelum diperiksa urinenya, satu persatu sopir taksi didata nama serta daeraj tujuan mereka. Kemudian para sopir ini diberi tabung diisi dengan urine mereka dan dibawa ke mobil pemeriksaan BNNK Banjarmasin yang telah siap dengan petugas.

Tak lama hanya sekitar 10 menit mengikuti tes urine, para sopir dijinkan kembali beraktivitas meneruskan perjalanan ke tempatu tujuan. Para sopir sendiri terlihat kooperatif dan bersedia secara sukarela menyerahkan air kencing mereka diperiksa petugas.

M Noor satu sopir bis tujuan Balikpapan Kalimantan Timur mengaku tak masalah dengan pemeriksaan urine ini.

"Alhamdulilah, bagus saja tak masalah, sudah biasa," ucap lelaki yang mengaku telah 15 tahun menjadi sopir ini.
Baginya pemeriksaan urine ini tak masalah selain itu dirinya juga tak mengkonsumsi obat-obatan terlarang.

Hal senada diungkapkan Alfiannor, sopir tujuan Kandangan Hulu Sungai Selatan. Dia tampak santai kala menunggu giliran untuk diperiksa urinenya. Dengan senyum ia mengatakan adanya tes urine ini bagus. "Bagus saja kalau perlu semua sopir diperiksa ," ucapnya sembari senyum.

Para sopir angkutan antar kota dan antar provinsi menyerahkan urine miliknya untuk dites oleh jajaran BNNK Kota Banjarmasin.
Para sopir angkutan antar kota dan antar provinsi menyerahkan urine miliknya untuk dites oleh jajaran BNNK Kota Banjarmasin. (banjarmasinpost.co.id/irfani rahman)

Plt Kepala BNNK Banjarmasin Kompol Muhammad Yusuf SH, MM di sela-sela pemeriksaan tes urine mengatakan tes urine kali ini merupakan rangkaian Hari Anti Narkotika Nasional (HANI) yang jatuh pada 11 Juli nanti. Dan ini merupakan pra acara HANI, salah satunya adalah pemeriksaan tes urine di Terminal Km 6 Banjarmasin,

Dan juga bertepatan dengan operasi kepolisian Ketupat Intan 2018 sehingga mereka bersama pihak Kepolisian nelakukan tes urine ini dengan tujuan agar para sopir tak menggunakan narkoba dan obat_obatan saat membawa penumpang.

Bagaimana jika ada sopir terindikasi pemakai narkoba atau positif ? Yusuf mengatakan nantinya akan pihaknya asessement dan kita lihat sudah berapa lama pemakai dan apakah bisa dirawat jalan atau rawat inap.

Kasat Narkoba Polresta Banjarmasin Kompol Herry Purwanto bersama BNNK Banjarmasin pada hari ini melaksanakan kegiatan pemeriksaan tes urine kepada para sopir angkutan antar kota dan antar provinsi.

"Bertepatan juga dalam operasi Ketupat Intan 2018 dimana kita Satnarkoba dan BNNK Banjarmasin melaksanakan kegiatan ini dengan maksud menjaga keselamatan transportasi karena mengingat sebentar lagi lebaran, kemungkinan warga akan gunakan jasa transportasi untuk mudik," paparnya. (*/AOL)

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved