Berita Banjarbaru

Tiga Kecamatan Tak Disambung dengan Fiber Optik

Tahun ini, bakal ada tiga kecamatan dengan 13 kelurahan yang akan disambungkan dengan jaringan radio oleh Diskominfo

Tiga Kecamatan Tak Disambung dengan Fiber Optik
ist
Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani membuka Sosialisasi Gerakan Menuju 100 Smart City Indonesia dalam rangka Pembentukan Dewan dan Tim Pelaksana Smart city Kota banjarbaru, di Aula Gawi Sabarataan, Kamis (7/6/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Tahun ini, bakal ada tiga kecamatan dengan 13 kelurahan yang akan disambungkan dengan jaringan radio oleh Diskominfo Banjarbaru.

Tiga kecamatan yaitu Lianganggang, Landasan Ulin dan Cempaka terpaksa disambungkan dengan jaringan radio lantaran terlalu jauh dari pusat kota.

Dibandingkan dengan kecamatan Banjarbaru Utara dan Banjarbaru Selatan tiga kecamatan ini harus rela mendapatkan jaringan radio bukan fiber optik karena lokasi yang tergolong jauh.

"Jaraknya jauh, beda dengan kecamatan yang ada di pusat kota lebih gampang kita jangka dengan fiber optik, selain itu kalau semua fiber optik kita juga kewalahan dalam biaya," jelas Kadiskominfo Kota Banjarbaru, Johar Arifin, Jumat (8/6/2018).

Baca: Link Live Streaming Indosiar PS Tira vs Persija di Liga 1 2018 Malam Ini Jam 20.30 WIB

Saat ini, Banjarbaru menuju kota yang terhubung dengan jaringan fiber optik dan radio. Meski bakal menjadi smart city Johar menepis pihaknya bakal gencar melakukan pemasangan fiber optik di seluruh wilayah di Banjarbaru.

"Tahun ini di 2018 kami ingin menfasilitasi SKPD kami, di Kecamatan dan kelurahan agar bisa terhubung semua baik dengan fiber optik dan radio," sebutnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Baca: Live Vidio.com! Link Live Streaming Barito Putera vs Sriwijaya FC Liga 1 Malam Ini

Dengan terhubung maka jelas Johar pihaknya bisa mengefisienkan anggaran untuk langganan internet di kantor kecamatan dan kelurahan.

Namun saat ini ujarnya pihaknya tidak bisa menghentikan kantor kecamatan dan kelurahan untuk berlangganan internet sendiri karena belum selesainya infrastruktur jaringan.

"Kami juga masih membangun gedungnya, jadi belum berani menghentikan mereka berlangganan sendiri," tambahnya.

Seperti diketahui beberapa SKPD di Pemko Banjarbaru telah terhubung jaringan yang tersambung ke Diskominfo Banjarbaru.

Selain itu, Banjarbaru juga bakal menjadi smart city dimana salah satu yang paling menonjol dari smart city adalah jaringan internet yang terkoneksi di skpd dan fasilitas publik misalnya sekolah dan layanan kesehatan yang juga tercover jaringan dari Pemko Banjarbaru.

Rencananya ungkap Johar pihaknya memang akan menyambungkan jaringan ke puskesmas dan sekolah pada tahun mendatang.

"Rencananya memang seperti itu, tapi secara bertahap lah," ujarnya. (Banjarmasinpost.co.id /milna)

Penulis: Milna Sari
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help