Berita HST

Disdik Belum Beberkan Anggaran Gaji untuk 310 Guru Kontrak Hasil Seleksi Daerah

BKD dan Pengembangan SDM HST telah mengumumkan hasil seleksi Pegawai Kontrak untuk mengisi kekosongan sejumlah guru SD

Disdik Belum Beberkan Anggaran Gaji untuk 310 Guru Kontrak Hasil Seleksi Daerah
banjarmasinpost.co.id/hanani
Siswa SDN 1 Mandingin Barabai, Hulu Sungai Tengah. Sekolah tersebut salah satu sekolah yang masuk kebijakan regrouping 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Pengembangan SDM Hulu Sungai Tengah telah mengumumkan hasil seleksi Pegawai Kontrak untuk mengisi kekosongan sejumlah guru SD, yang seleksinya dilaksanakan sejak Januari 2018 lalu.

Hasilnya 310 orang dinyatakan lulus, dan segera diproses untuk memenuhi kebutuhan guru SD tersebut, yang direncanakan Agustus 2018 mendatang mereka sudah melaksanakan tugas ke sekolah-sekolah yang tersebar di HST.

Kepala Dinas Pendidikan HST H Riduan, yang dikonfirmasibanjarmasinpost.co.id, Sabtu (9/6/2018) menjelaskan, untuk penempatannya nanti, disesuaikan dengan kebutuhan sekolah yang kekurangan guru.

Dijelaskan, tiap tahun berdasarkan catatan Disdik HST terjadi kekurangan guru akibat pensiun, meninggal dunia serta mutasi ke daerah lain.

Baca: Kontrak Tak Diperpanjang Pesbukers, Shaheer Sheikh Pamit ke Vega Dkk Pulang ke India, Ayu Ting Ting?

Baca: Pesbukers Ditegur MUI, Bos ANTV Datangkan Raja Jalal, Rajat Tokas dan Pulangkan Shaheer Sheik

"Untuk yang pensiun saja tiap tahun ada sembilan sampai 10 orang. Sedangkan penerimaan CPNS belum ada. Disdik harus mengatasinya, untuk itu kepala daerah mengambil kebijakan merekrut guru kontrak,"jelas Riduan.

Disebutkan, untuk penempatan guru sendiri sesuai peta regrouping atau penggabungan sekolah SD yang siswanya kurang ke sekolah terdekat yang siswanya mencukupi, masih menunggu keputusan akhir.

"Sebenarnya sudah ada data sekolah yang diregrouping, tapi ada usulan DPRD agar mempertimbangkan aspirasi masyarakat terkait jarak sekolah baru dan menunggu hasil penerimaan siswa baru tahun ini. Jika jumlah siswanya masih di bawah target kemungkinan memang harus digabung, kecuali jarak sekolah barunya tidak memungkinkan,"kata Riduan. "Jadi finalnya sekolah mana yang bisa digabung, setelah penerimaan siswa baru nanti,"katanya.

Baca: Jadwal Buka Puasa Hari Ini 24 Ramadhan, Sabtu 9 Juni 2018 di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Doanya

Mengenai dana APBD yang dianggarkan untuk gaji tenaga kontrak 2018 ini, Kadisdik menyatakan masih dirapatkan dan baru diketahui setelah ada SK Bupati nanti.

"Kami belum bisa sebutkan untuk gaji guru kontrak baru ini. Yang jelas lebih baik dibanding guru honor yang digaji dari dana BOS,"katanya.

Lalu bagaimana dengan nasib guru honor yang masih digaji dari dana BOS? Riduan mengatakan, mereka tetap dibutuhkan untuk menutupi kekurangan guru, khususnya di desa terpencil. Menurutnya, guru kontrak sifatnya kontrak per tahun, dan tiap tahun dilakukan evaluasi efektifitasnya.

Baca: LIVE OCHANNEL! Link Live Streaming Bali United vs Persipura Liga 1 Pekan 13 via Vidio.com Malam ini

Sementara itu kepala BKD HST Ahmad Fatoni menjelaskan, 310 pelamar yang lulus, 148 orang operator sekolah, 69 orang guru kelas, 84 orang guru agama dan 8 orang guru olahraga. Seluruh peserta yang dinyatakan lulus wajib daftar ulang di Kantor Disdik HST, Jalan Sibli Imansyah Barabai.

Mengingat banyaknya persyaratan yang dipenuhi, antara lain KIR dokter, SKCK, kartu kuning dan kartu bebas narkoba dari RS H Damanhuri Barabai, pihak panitiapun memberikan waktu yang cukup untuk peserta yang lulus tersebut melengkapinya.

"Peserta yang tak daftar ulang sampai batas ditentukan, dianggap mengundurkan diri dan akan digantikan urutan/rangking di bawahnya,"kata Fatoni. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help