Cewek Arab Bikin KTP di Kalsel

Kronologi Terungkapnya Salwa Cewek Arab dari Makkah Mau ke Kandangan Buat Urus KTP

Dokumen Salwa untungnya tak ada masalah, Langsung dicek ke Konsulat Jenderal Indonesia (KJRI) di Jeddah.

Kronologi Terungkapnya Salwa Cewek Arab dari Makkah Mau ke Kandangan Buat Urus KTP
banjarmasinpost.co.id/nia kurniawan
Salwa Hamzah WNI asal Arab Saudi saat di Kantor Imigrasi Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Ketahuannya Salwa Hamzah (34) yang merupakan seorang cewek dari Makkah Arab Saudi, namun ternyata WNI bukan karena suatu kebetulan.

Dodi Karnida Kepala Divisi Keimigrasian Kalimantan Selatan menceritakan, awalnya bermula ketika bersama-sama di ruang tunggu keberangkatan Terminal Domestik IB Bandara Soekarno-Hatta.

Saat itu, akhir Mei, akan terbang sama-sama ke Banjarmasin. Tergerak untuk menggali identitas dan riwayat hidup yang bersangkutan karena Salwa memegang PPRI dan boarding pass, sementara ia terlihat tidak baru datang dari luar negeri, selain itu tutur bahasa Indonesia Salwa pun terbata-bata.

Baca: Kontrak Tak Diperpanjang Pesbukers, Shaheer Sheikh Pamit ke Vega Dkk Pulang ke India, Ayu Ting Ting?

Baca: Ini Profesi Salwa, Cewek WNI Arab Selama di Makkah, Kisahnya Bikin Haru, Kini Dia Punya Impian

"Kemudian saya tanya tentang identitas dirinya dan disesuaikan dengan data yang ada pada paspor, dia malah meneteskan air mata dan berdiam diri saja. Setelah saya periksa paspornya lebih dalam lagi, diketahui bahwa ia mendarat di bandara Soekarno-Hatta pada tanggal 16 Maret 2018," ucap Dodi kepada Reporter Banjarmasinpost.co.id.

Dari kiri ke kanan, Kadiv Imigrasi, Salwa Hamzah, Kadis Dukcapil HSS, dan Bibinya Dadah
Dari kiri ke kanan, Kadiv Imigrasi, Salwa Hamzah, Kadis Dukcapil HSS, dan Bibinya Dadah (banjarmasinpost.co.id/nia kurniawan)

Dokumen Salwa untungnya tak ada masalah, Langsung dicek ke Konsulat Jenderal Indonesia (KJRI) di Jeddah.
Setibanya di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, yang bersangkutan dimintai keterangan tambahan oleh Pungky Handoyo Kepala Subbidang Informasi dan Sarana Komunikasi Keimigrasian Divisi Keimigrasian Kalimantan Selatan dan ternyata ia benar lalu dijemput oleh keluarganya untuk dibawa ke daerah Kandangan, HSS. Mengharukan.

Kini Salwa sudah punya KTP Kalsel, buat di Kandangan HSS. Pembuatan KTP pun dibantu dan didampingi Imigrasi dan dukcapil HSS.
(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help