Ekonomi dan Bisnis

Pertamina MOR VI Kalimantan Tambah Pasokan Stok BBM Selama Ramadhan dan Lebaran 1439

Menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri 1439 H, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI pastikan stok BBM dan LPG di

Pertamina MOR VI Kalimantan Tambah Pasokan Stok BBM Selama Ramadhan dan Lebaran 1439
BANJARMASINPOST.co.id/achmad maudhody
Salah satu SPBU di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Foto diambil Sabtu (9/6/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri 1439 H, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI pastikan stok BBM dan LPG di Pulau Kalimantan aman.

Dengan mempertimbangkan tren konsumsi BBM yang terjadi tahun lalu, pada masa puasa dan Idul Fitri tahun 2018 ini Pertamina telah menyiapkan stok tambahan yang bervariasi di tiap-tiap daerah dengan rata-rata kenaikan 15% untuk produk BBM di wilayah Region VI Kalimantan.

Dijelaskan Pjs Region Manager Comm. & Relations Pertamina Kalimantan, Alicia Irzanova, kenaikan konsumsi BBM pada Ramadhan dan Idul Fitri merupakan hal yang sudah lumrah terjadi terutama jelang puncak arus mudik dan arus balik.

Baca: Pesbukers Ditegur MUI, Bos ANTV Datangkan Raja Jalal, Rajat Tokas dan Pulangkan Shaheer Sheik

Baca: Kabar Duka, Istri Wagub Kalsel, Rosdiawati Dikabarkan Meninggal Dunia karena Sakit

Di Kalimantan Selatan Pertamina telah menyiapkan stok produk Premium hingga 1.020 KL per hari atau 36% lebih tinggi dari rata-rata harian normal.

Penambahan produk BBM Non Subsidi seperti Pertamax dan Pertalite diantisipasi sampai dengan kenaikan 3% atau sekitar 927 KL per hari.

Sedangkan untuk BBM jenis gasoil seperti Solar dan Dexlite, Alicia memperkirakan trennya akan cenderung menurun hingga 8% dengan rata-rata konsumsi harian sebesar masing-masing 690 KL dan 100 KL.

"Walaupun terdapat jenis BBM yang diestimasi turun, tim kami akan tetap melakukan pemantuan harian sehingga kebutuhan yang diluar prediksi dapat cepat kami kendalikan," kata Alicia.

Pemantauan lebih intensif dilakukan terutama di titik kepadatan seperti di daerah wisata Pantai Takisung, Kab. Tanah Laut, Pantai Angsana, Kab. Tanah Bumbu, Waduk Riam Kanan, Kab. Banjar, Loksado, Kab. Hulu Sungai Selatan.

"Kami sudah memetakan titik- titik berpotensi kemacetan seperti di jalur Astambul hingga Hulu Sungai, jalur masuk Banjarbaru-banjarmasin dan beberapa titik di Kota Banjarmasin. Bila diperlukan, Pertamina akan berkoordinasi dengan kepolisian untuk pengawalan mobil tangki agar tidak terjebak kemacetan," terangnya. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Suasana pengisian BBM di salah satu SPBU Pertamina di Banjarmasin

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved