Home »

Video

Berita Banjarmasin

VIDEO: Bikin Merinding! Penghayatan Peserta Sabda Puisi Banua Membacakan Puisi

Totalitas dan penuh penghayatan dilakukan Ahmad Yamani yang berduet dengan Sidi Fahriani saat membacakan puisi berjudul Doaku Kepada Kekasih

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Totalitas dan penuh penghayatan dilakukan Ahmad Yamani yang berduet dengan Sidi Fahriani saat membacakan puisi berjudul Doaku Kepada Kekasih dan Berhala Diri di acara Sabda Puisi Banua di Taman Siring Bekantan Banjarmasin, Sabtu (9/6/2018) malam.

Sebelum membacakan puisi tersebut, keduanya melakukan survei ke lapangan, mendatangi penderita kanker dan anak punk supaya melihat secara langsung kondisi mereka. "Sebenarnya saat membacakan puisi ini, kami ingin mendatangkan anak-anak penderita kanker maupun anak punk, cuma tidak bisa terealisasi," kata Yamani.

Ditambahkan mahasiswa semester akhir jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin ini, mereka akhirnya membikin video yang ditayangkan pas pementasan.

Baca: Kepergian Shaheer Sheik Dari Pesbukers Diantar Pelukan Zaskia Gotik, Ayu Ting Ting Sempat Geram!

Baca: Live Streaming WorldSSP300 Sirkuit Brno via Streaming Fox Sport 3, Pebalap Indonesia Pole Position

Dijelaskan Yamani, kedua puisi tersebut merupakan kritik, terutama terhadap diri sendiri yang selama ini kurang peduli terhadap realitas sosial di sekitar.

"Kedepannya saya berharap buat seniman atau sastrawan dalam membuat puisi, berikan roh supaya penuh makna," tegasnya.

Dicontohkannya, melihat sepintas anak kanker kelihatan sedih. "Ternyata pas saya ketemu, mereka memandang merupakan anugrah dan tetap ceria seperti anak-anak lainnya," tegas Yamani yang berasal dari Tunas Anam.

Selain itu ada juga penampilan Abah Rama dari sanggar Ada Banjar yang menampilkan Filsafat Angka, musikalisasi puisi oleh ruang kolektif seni dengan membawakan medley puisi alam.

Lalu ada Kampung Teater Kita, Sanggar Budaya, Kasadipa, Artepedia Sanggar At Tadib, Sekumpul Teater, Kampoeng Seni Boedaja dan lain-lain. Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Nurhayati, Sabda Puisi Banua yang diselenggarakan Sanggar Enam dan Teater Tunas Banua ini bertema Mandi Sebelum Tidur.

"Inti dari tema ini secara luas, kita harus bersuci dulu, terutama sebelum neninggql dunia," katanya.
Dijelaskan mahasiswi semester empat Prodi Ilmu Komunikasi FISIP ULM ini, yang berpartisipasi diacara ini 12.

"Tahun lalu hanya diikuti delapan peserta dan kali ini meningkat, ada 12," paparnya.

Lewat musikalisasi puitisasi ini, harapannya semoga sastrawan dan penggiat seni terjalin silaturrahmi serta rasa kekeluargaan yang tinggi. (Banjarmasinpost.co.id/Syaiful Anwar)

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help