WorldSSP300

Galang Hendra Cetak Sejarah di WolrdSSP300 2018, Juara, Indonesia Raya Berkumandang di Brno

Lagu Indonesia Raya berkumandang di Brno setelah Galang Hendra sebagai pemenang balapan WorldSSP300 seri Republik Ceko

Galang Hendra Cetak Sejarah di WolrdSSP300 2018, Juara, Indonesia Raya Berkumandang di Brno
(DOK. WORLDSBK)
Galang Hendra Pratama berhasil meraih pole position WorldSSP300 seri Republik Ceska di Sirkuit Brno, Sabtu (9/6/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BRNO - Sejarah dicatat pembalap muda Indonesia Galang Hendra Pratama setelah memenangi di balapan WorldSSP300, Minggu (10/6/2018).

Lagu Indonesia Raya pun berkumandang di Brno setelah Galang Hendra tampil sebagai juara balapan WorldSSP300 seri Republik Ceko.

Pebalap dari tim Biblion Yamaha Motoxracing itu berhasil finis tercepat pada balapan yang berlangsung di Automotodrom Brno, Rep. Ceska.

Ini merupakan kemenangan perdana bagi Galang Hendra Pratama dari enam seri balapan WorldSSP300 yang telah berlangsung musim ini. Galang juga berhasil mencatatkan sejarah sebagai pebalap non-Eropa pertama yang mampu memenangi balapan WorldSSP300.

"Alhamdulillah saya berhasil mendapatkan posisi pertama di race. Saya sangat senang sekali," kata Galang Hendra seusai balapan, dikutip dari akun Instagram Yamaha Racing.

Baca: Hasil Austria vs Brasil : Skor Akhir 0-3, Coutinho dan Neymar Cetak Gol

Saat Balapan dan Tips untuk Mengalahkannya Galang Hendra Pratama sebenarnya sudah mampu tampil dominan sejak sesi latihan bebas pertama. Bahkan, pebalap berusia 19 tahun itu memulai balapan pada hari Minggu dari pole position usai menjadi yang tercepat saat superpole 2 (kualifikasi).

Selepas bendera start dikibarkan, Galang Hendra Pratama sempat tertinggal dari Ana Carasco pada tikungan pertama. Meski demikian, Galang kembali mampu mengambil alih posisi terdepan dan membuat gap yang cukup lebar dengan pebalap di belakangnya.

Race sempat diwarnai bendera merah akibat kecelakaan yang terjadi di kelompok belakang dan membuat balapan terpaksa disudahi pada lap ketujuh (semestinya berlangsung sepuluh lap). Galang Hendra Pratama yang pada saat itu memimpin lomba pun secara otomatis tampil sebagai pemenang seri Republik Ceko.

Baca: Link Live Streaming Austria vs Brazil Mulai Pukul 21.00 Wib - Jelang Piala Dunia 2018, Neymar Main

Sementara itu, rekan kompatriot Galang Hendra, Ali Adriansyah dan Imanuel Putra Pratna, memiliki nasib yang kurang beruntung karena gagal finis. Bahkan, Ali Adriansyah Rusmiputro mengalami kecelakaan dan harus mendapatkan perawatan di medical center.

Kemenangan di Brno membuat Galang Hendra Pratama naik ke peringkat ke-8 klasemen sementara WorldSSP300 2018 dengan raihan 43 poin. Dia masih tertinggal 35 poin dari Ana Carrasco yang berada di puncak klasemen. (Samsul Ngarifin/KOMPAS)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Galang Hendra Juara, Indonesia Raya Berkumandang di Brno"

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved