Idul Fitri 2018

Jelang Lebaran, Pasar Barabai Padat Pengujung, Pendapatan Parkir Melonjak Rp 15 Juta Per Hari

Menjelang lebaran idul Fitri, sejak Ramadan hari ke 24 tingkat kunjungan masyarakat Hulu Sungai Tengah ke Pasar Hanyar

Jelang Lebaran, Pasar Barabai Padat Pengujung, Pendapatan Parkir Melonjak Rp 15 Juta Per Hari
BANJARMASINPOST.CO.ID/HANANI
Suasana di sekitar pintu keluar portal parkir pasar hanyar Barabai, Senin (11/6/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI- Menjelang lebaran idul Fitri, sejak Ramadan hari ke 24 tingkat kunjungan masyarakat Hulu Sungai Tengah ke Pasar Hanyar maupun Plasa Murakata, meningkat tajam.

Hal tersebut terlihat dari meningkatnya jumlah kendaraan roda dua maupun roda empat yang memasuki portal parkir eletronik di dua titik tersebut.

Pantauan BPost, beberapa hari terakhir Pasar Hanyar maupun Plasa Murakata dipadati pengunjung. Baik yang berbelanja kebutuhan pokok, maupun yang berbelanja pakaian.

Saking banyaknya kendaraan bermotor yang memasuki pasar melewati portal, Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup HST pun terpaksa membuka pintu masuk portal, sehingga kendaraan masuk tak lagi memencet tombol pengambilan karcis.

Baca: Prediksi Lebaran Idul Fitri 2018, Muhammadiyah dan NU Berpotensi Sama?

Pengendara langsung masuk pintu gebang parkir, yang dijaga Satpol PP dan Petugas Dishub. Meski demikian, di pintu keluar pengendara tetap membayar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 3000 untuk mobil.

Masalahnya, jika diberlakukan system tombol di pintu masuk terjadi kemacetan, karena antreannya panjang.

Beberapa hari lalu, dikabarkan, ada pengendara motor yang tertabrak plang portal, sampai plangnya patah. Untungnya pengendaranya tak mengalami luka-luka, dan motornya hanya rusak bagian depan.

Tertabrak karena saat itu antre, pintu portal belum dibuka, pengendara tersebut sudah maju. Tapi semua sudah teratasi.

"Makanya kami putuskan membuka saja pintu portal, tapi pengujung bersepeda motor dan mobil tetap keluar membayar sesuai tariff, dan dicatat petugas di bagian keluar,” kata Plt Kadishub dan LH Muhammad Yani, kepada banjarmasinpost.co.id, Senin (11/6/2018).

Baca: Sebelum Melaksanakan Shalat Ied, Baiknya Melakukan Hal Ini

Diakui, lonjakan pengunjung pasar terjadi sejak sepekan terakhir. Hal tersebut berdampak melonjaknya pendapatan parkir. Menurut Yani, hari biasa hanya Rp 10 juta per har, menjadi Rp 15 juta lebih per harinya.

“Kami perkirakan lonjakan ini sampai minggu pertama setelah lebaran. Kami pun menurunkan tim bekerjasama dengan Satpol PP untuk keamanan dan ketertiban,” jelas Yani.

Diperkirakan, banyaknya warga perantauan yang pulang kampung membuat mereka antusias mengujungi pasar Barabai.

Ditambah lagi, kebutuhan keluarga yang makin meningkat karena keluarga besarnya kumpul, membuat tingkat kunjungan ke PAsar Hanyar maupun plasa Murakata terus meningkat. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help